• Hari ini : Minggu, 25 Februari 2018

Puskesmas di Kotabaru Harus Terakreditasi

PUSKESMAS. (Net)

Kotabaru, KP – Demi kenyamanan dan kelancaran serta optimalisasi pelayanan terhadap warga Kotabaru, Dprd Kotabaru, mendorong kepada pemerintah Kabupaten Kotabaru agar mengharuskan seluruh Puskesmas di wilayah pemerintahan Kabupaten Kotabaru menjadi Puskesmas yang terakreditasi.

Ketua Komisi III DPRD Kotabaru Denny Hendro Kurnianto menyampaikan hal tersebut terkait dengan penilaian akreditasi rumah sakit oleh tim surveyor dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

“Besarnya manfaat atas predikat Akreditasi dalam peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pasien, maka kami juga mendorong kepada pemerintah daerah juga mengakreditasikan seluruh Puskesmas. Apresiasi atas usaha pemerintah Kabupaten yang menjadikan beberapa Puskesmas di Kotabaru menjadi lebih baik dalam pelayanan kepada masyarakat, diantaranya dengan pelayanan rawat inap.

Keseirusan pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat patut mendapat penghargaan, setidaknya terlihat dari penganggaran hingga mencapai Rp1 miliar per puskesmas dalam perbaikan pelayanan Terang Denny.

Dengan adanya akreditas yang merupakan program pemerintah Pusat, Denny (DPRD), sangat mendukung, dan mendorong pemerintah Kabupaten Kotabaru agar menyambutnya dengan melibatkan seluruh Puskesmas yang ada di Kotabaru.

“Alhamdulillah, di Kotabaru ini sudah terdapat empat hingga lima Puskesmas yang terakreditasi, yang artinya dapat memberikan pelayanan Optimal terhadap warga, yakni, Puskesmas Hilir, Puskesmas Sebatung, Puskesmas Dirgahayu, dan Puskesmas Berangas “. Terangnya.

Denny mengingatkan, “Agar perbaikan kinerja dan peningkatan mutu pelayanan pada masing-masing puskesmas, jangan hanya pada saat penilaian akreditasi. Namun, hendaknya peningkatan pelayanan tersebut bisa berkesinambungan dan membudaya bagi semua insan medis yang ada di dalamnya, mulai dari Top leader (kepala puskesmas), para dokternya, para perawat, para bidan serta semua pihak yang terlibat. Sikap profesional dan proporsional serta kedisplinan tetap dikedepankan, baik dalam pemberian layanan maupun pengelolaan “. Katanya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru, Hj Ernawati sebelumnya mengatakan, sudah ada empat dari 28 buah Puskesmas di Kotabaru mendapat akreditasi dari Kementerian Kesehatan RI.

Sementara Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad, dalam ramah tamah dengan tim surveryor Kemenkes di Kotabaru menyampaikan ke gembiraaan dan terima kasih kepada ketua tim, Dr Sucipto dan rombongan atas penilaian dan akreditasi puskesmas di Kabupaten Kotabaru.

“Ditengah sibuknya puskesmas yang memohon untuk diakreditasi, malam hari ini akan menjadi hari bersejarah bagi label puskesmas kami. Apapun yang di dapat dari hasil penilaian tim surveryor kementerian kesehatan adalah cambuk bagi kami untuk terus memacu peningkatan puskesmas di Kotabaru. Terkait dengan akreditasi tersebut, penilaian tidak saja dari sisi kualitas pelayanan, tetapi juga kwalitas sumber Daya Manusianya, sarana kesehatannya, tetapi implementasi penggunaan sarana prasarana yang sudah di siapkannya.

Dengan hadirnya akreditasi ini, diharapkan Masyarakat tahu persis tentang keberadaan kinerja puskesmas, bukan janji manis pada saat penerimaan pasien saja, tetapi keberadaan hakekat kinerja puskesmas itu sendiri.

Sekali lagi harapan saya dan kita bersama bahwa dengan akreditasi ini dapat membawa manfaat dalam upaya peningkatan mutu puskesmas, rencana kedepannya menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi untuk selanjutnya di jadikan sebagai motivasi peningkatan mutu puskesmas yang lebih kompetitif “. Pungkas Sekda Said Akhmad. (and/K-6)

 

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua