PWI Barito Utara Berangkatkan 10 Anggota Ikuti UKW

ditulis pada 4 Agustus 2017

Wartawan yang tergabung di PWI Barito Utara saat menggelar rapat persiapan dalam rangka mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 29-30 Agustus 2017 di Palangka Raya, Kamis (3/8).

Muara Teweh, KP – Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya para wartawan yang tergabung dalam oraganisasi profesi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Barito Utara (Barut), berencana akan memberangkatkan sebanyak 10 anggotanya untuk mengikuti kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 29-30 Agustus 2017, di Kota Palangka Raya.

Ketua PWI Barito Utara, Roby Cahyadi SH mengatakan kegiatan UKW yang akan diikuti wartawan yang tergabung dalam PWI Barito Utara ini sangat penting diikuti bagi seorang wartawan, agar dapat mengukur kualitas dalam tugas jurnalis mereka sehari-hari, baik itu kegiatan liputan di lapangan maupun di redaksi.

Dari 10 anggota yang rencananya akan diberangkatkan akan ditambah lima orang cadangan, jika dari 10 orang wartawan tersebut ada yang batal mengikuti kegiatan. Dalam mengikuti kegiatan UKM tersebut dibagi tiga kategori yaitu kategori Wartawan Muda, Wartawan Madya dan Wartawan Utama.

“Satu orang di kategori kompetensi utama, dua orang di kategori kompetensi madya, dan tujuh orang kompetensi muda, dan lima orang cadangan kompetensi muda. Ke semua wartawan itu selama ini melakukan peliputan jurnalistik di wilayah Barito Utara,’’ kata Roby usai rapat evaluasi rencana keberangkatan dan simulasi kegiatan UKW, di Sekretariat PWI Barito Utara, Jalan Pramuka, Muara Teweh, Kamis (3/8).

Menurut Roby, setiap kategori ini akan diberikan bahan ujian yang berbeda-beda, sesuai dengan pekerjaan mereka sehari-hari sebagai wartawan, sebagai redaktur, sebagai redaktur pelaksana dan sebagai pemimpim redaksi.

“UKW itu sendiri telah diatur dalam Peraturan Dewan Pers Nomor 1/Peraturan-DP/II/2010 tentang Standar Kompetensi Wartawan. Guna meningkatkan kualitas SDM wartawan di daerah kita,’’ ujar Roby.

Selain 10 orang tersebut, mereka juga akan mendapat pendampingingan dua orang pengurus PWI Barut selama UKW di Palangka Raya nantinya.(asa/K-8)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.