• Hari ini : Selasa, 23 Januari 2018

PWI Kalteng Serahkan Penyataan Sikap

Ketua PWI Kalteng H Sutransyah saat menyerahkan pernyataan sikap kepada Pj Bupati Barsel H Mugeni SH.
Ketua PWI Kalteng H Sutransyah saat menyerahkan pernyataan sikap kepada Pj Bupati Barsel H Mugeni SH.

Buntok, KP – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Tengah, menyerahkan pernyataan sikap kepada Pj Bupati Barito Selatan, H Mugeni SH MH diruang kerja Bupati setempat, Senin (7/11) di Buntok.

Menurut Ketua PWI Kalteng, H Sutransyah, pernyataan sikap tersebut disampaikan seiring dengan telah ditetapkannya pasangan calon Bupati dan wakil Bupati di Barito Selatan dan Kotawaringin Barat, dua kabupaten di Kalteng yang menggelar Pilkada serentak 15 Pebruari 2017 mendatang.

“Sebagian isi dari pernyataan sikap tersebut adalah melarang seluruh anggota PWI di Kalteng membawa nama organisasi sebagai  tim sukses atau tim kampanye dari masing-masing pasangan calon Bupati dan wakil Bupati,’’ kata Sutransyah kepada Kp.

Menurutnya, jika ada anggota PWI yang masuk tim kampanye maupun tim sukses. Maka hal tersebut merupakan hak pribadi atau individu, bukan dari organisasi.

“Menghadapi Pilkada 2017 ini PWI bersikap netral. Seluruh pasangan calon Bupati dan wakilnya merupakan mitra kerja tanpa memandang siapapun,’’ katanya.

Diingatkan ujarnya, kepada seluruh anggota PWI diharapkan menyajikan berita berimbang diantara pasangan calon. Selain itu harus menyajikan berita yang menyejukan tanpa menyudutkan salah satu paslon.

Ditempat yang sama Bupati Barsel, H Mugeni, memberikan apresiasi kepada PWI Kalteng yang telah menyampaikan pernyataan sikap netral dalam Pilkada serentak 2017 ini.

“Saya sangat mengapresiasi sikap independensi  PWI Kalteng dan anggotanya. Meski secara pribadi boleh mendukung dan menjadi tim sukses asalkan tidak membawa nama organisasi,’’ ucap Mugeni.

Dia juga berharap, agar wartawan khususnya yang tergabung dalam PWI bisa menyajikan berita berimbang untuk masing-masing pasangan calon. Karena hal itu memberikan kontribusi yang cukup besar untuk menciptakan suasana aman dan damai.

Selain menyerahkan pernyataan sikap PWI Netral dalam Pilkada 2017 mendatang, PWI juga menyerahkan buku putih PWI kepada Pj Bupati Barito Selatan. (adi/K-8)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua