• Hari ini : Jumat, 19 Oktober 2018

Ratusan ASN Balangan Periksa Tekanan Darah

PETUGAS KESEHATAN – Sedang memeriksa tekanan darah Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A), Hj Hasmiati.(KP/Ist)

Paringin, KP – Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Balangan ikuti pemeriksaan tekanan darah yang digelar Dinas Kesehatan setempat, Senin 14/5) kemarin.

Kegiatan yang digelar di halaman kantor Bupati Balangan, dalam rangka Hari Hipertensi Sedunia atau World Hypertension Day setiap tanggal 17 Mei.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan H Akhmad Nasa’i yang ditemui di lokasi kegiatan mengungkapkan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Hipertensi Sedunia atau World Hypertension Day setiap tanggal 17 Mei dengan tujuan menggugah kepedulian dan menggalang kewaspadaan semua orang di seluruh dunia akan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi ini.

Ditambahkannya, Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi ini disebut pula sebagai ‘pembunuh diam-diam’ karena penyakit ini tidak menyebabkan gejala jangka panjang tapi mungkin mengakibatkan komplikasi yang mengancam nyawa.

“Orang yang menderita tekanan darah tinggi empat kali lebih berisiko terkena stroke dan dua kali lebih berisiko mengalami serangan jantung,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskannya, jika penyakit ini tidak terdeteksi dini dan terobati tepat waktu, dapat menyebabkan komplikasi serius penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke, gagal ginjal, kebutaan, Kencing manis dan banyak penyakit berbahaya lainnya.

“Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Lebih cepat diketahui itu semakin lebih baik. Dari itu semua, meskipun hari hipertensi sedunia beberapa hari lagi, kami dari Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan melaksanakan lebih dahulu dari tanggal yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Menurut Nasa’i, dalam dunia kesehatan seseorang dikatakan mempunyai tekanan darah tinggi apabila hasil pemeriksaan menunjukkan angka 140/90 milimiter merkuri atau lebih. Dan cara yang paling efektif untuk mengetahui tekanan darah ini adalah dengan mengukur tekanan darah menggunakan spigmomanometer.

“Makanya hari ini kita minta semua ASN untuk bisa memeriksakan tekanan darahnya,” tegasnya.

Untuk kegiatan menyambut hari Hipertensi Sedunia ini, Dinas Kesehatan Balangan membuka stan pengukuran tekanan darah di Halaman kantor Bupati Balangan dan Mahligai Mayang Maurai.

“Sejak 5 Mei 2018 tadi, semua orang yang berkunjung ke Puskesmas baik yang sakit atau yang mendampingi dilakukan pengukuran tekanan darah,” pungkasnya. (jun/rel/K-6)

 

Tag:
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua