• Hari ini : Senin, 23 Juli 2018

Ratusan Hektar Lahan Ruslah Diserahkan

PENERAHAN – Lahan Ruslah oleh Bupati Batola H Hasanuddin Murad. (KP/Ist)

Marabahan, KP – Sumringah dan rasa bersyukur tampak dari raut wajah warga desa Sinar Baru dan Desa Simpang Arja Kecamatan Rantau Badauh, pasalnya warga dua desa menerima lahan ruslah seluas 224 hektar yang diserahkan oleh Bupati Batola H Hasanuddin Murad.

224 hektar lahan yang ada di dua desa 213 hektar di desa Simpang Arja dan 11 hektar di desa Sinar Baru.

Dengan diserahkannya lahan ruslah patut disyukuri karena masalah lahan yang selama ini menganjal di masyarakat dapat diselesaikan, permasalah lahan yang bergejolak antara masyarakat dengan pihak perusahaan sebenarnya dapat diselesaikan jauh-jauh hari, seandainya warga dan perusahaan bisa duduk bersama.

“Kita patut bersyukur masalah lahan ini dapat diselesaikan, seandainya dari dulu perusahaan dan warga dapat duduk bersama, permasalahan lahan ini dapat cepat diselesaikan,,”terang Bupati Batola H Hasanuddin Murad saat menyerahkan lahan Ruslah Rabu(1/11) yang dihadiri Camat Rantau Badauh berserta Forkopim kecamatan, Kepala Desa Simpang Arja, Kepala Desa Sinar Baru dan Presdir PT. Putra Bangun Bersama(PBB).

Dengan hadirnya investor yang bergerak dibidang perkebunan, pemerintah daerah berupaya untuk memfasilitasi dengan tujuan tidak lain untuk kesejahteraan masyarakat, namun dibutuhkan kebersamaan antara masyarakat dan perusahaan. “ pemerintah hanya mefasilitasi dan mengatur regulatornya,’ujarnya.

Sementara peran kepala desa, kata bupati sebagai jembatan penghubung antara perusahaan dan masyarakat, supaya dapat berjalan bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan apabila terjadi permasalahan dilapangan antara perusahaan dan warga, peran dari kepala desa sangat diperlukan, sehingga keresahan masyarakat dapat diselesaikan dengan baik. “ Itulah peran kades dalam mengayomi warganya, jangan justru sebaliknya kadesnya yang membuat masalah di desanya,” tegasnya. (ang/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua