• Hari ini : Minggu, 21 Januari 2018

Ribuan Botol Miras dan Rokok Ilegal Dimusnahkan

10-2-klm-musnah

Sampit, KP –  Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, memusnahkan ribuan botol minuman keras (miras) dan ribuan bungkus rokok ilegal.

Hanya ada dua jenis barang yang musnahkan hasil sitaan KPPBC Sampit, yakni miras dan rokok yang tidak memiliki cukai.

“Barang milik Negara yang dimusnahkan adalah hasil lima kali penindakan yang dilakukan KPPBC Sampit pada 2015 sampai awal 2016,’’ kata Kepala KPPBC Sampit, Hartono.

Hanya ada dua jenis barang yang musnahkan hasil sitaan KPPBC Sampit, yakni miras dan rokok yang tidak memiliki cukai. Untuk jenis miras sebanyak 2.150 liter, wiski 93 botol serta minuman tradisional 3.454 dan 19 jerigen dengan cara di hancurkan menggunakan alat berat.

Sementara rokok jumlahnya sebanyak 14.428 bungkus atau 181.400 batang.

Dimusnahkan dengan cara dibakar di halaman kantor KPPBC Sampit.

Kerugian Negara akibat produk illegal tersebut mencapai Rp121.364.400.

“Pemusnahan barang kena cukai berupa hasil tembakau dan minuman ini sebagai bentuk penegakan hukum, modus operandi yang dijalankan adalah melakukan penjualan terputus, artinya mereka tidak meninggalkan identitas yang bisa dihubungi,’’ ungkap Hartono.

Sebagai salah satu institusi yang berkantor di Kabupaten Kotim, ikut turut prihatin dan mempunyai rasa tanggung jawab atas tingginya peredaran MMEA di wilayah Kotim.

Akibatnya kerugian yang dialami dengan beredarnya MMEA ilegal tidak hanya semata-mata dari nilai cukai yang tidak dibayar kepada negara, melainkan ada kerugian yang lebih besar yaitu dampak kesehatan bagi masyarakat.

“Mengkonsumsi MMEA ilegal yang tidak terjamin komposisi akan sangat membahayakan kesehatan dan berdampak terhadap meningkatnya kriminalitas di Kotim,’’ katanya.

Wakil Bupati Kotim M Taufiq Mukri mengapresiasi langkah yang diambil KPPBC Sampit yang melakukan peindakan terhadap produk tidak bercukai atau illegal.

“Kami salu karena kegiatan ini dilaksanakan secara rutin. Dan alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan, harapan kita tidak menginginkan semua ini,’’ ucapnya.

Pemusnahan ribuan botol miras dan rokok ilegal ini dipimpin Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Sampit, Hartono.

Kegiatan ini disaksikan Wakil Bupati Kotim, M Taufiq Mukri, Kapolres Kotim, AKBP Hendra Wirawan, Dandim 1015 Sampit, Letkol Infantri I Gede Putra Yasa, dan Kejari Kotim, Wahyudi. (net/K-4)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua