• Hari ini : Minggu, 21 Januari 2018

Ribuan Jamaah Hadiri Haul KH M Salim Ma’ruf

hal-14-3-klm-mtp-bupati

Martapura, KP – Ribuan jamaah, terutama para santri Pondok Pesantren Darussalam dan seluruh dewan guru memadati kediaman almarhum KH M Salim Ma’ruf di jalan Martapura Lama Desa Pakauman Ilir Kecamatan Martapura Timur guna menghadiri Haul ke-38 almarhum, Sabtu kemarin.

KH M Salim Ma’ruf  merupakan ayah Bupati Banjar KH Khalilurrahman. Beliau lahir di kampung Keramat Martapura Timur 1913.  Haul ini juga dihadiri mantan Gubernur Rudy Ariffin, Wakil Bupati Saidi Mansyur dan mantan Wakil Bupati Fauzan Saleh.

Bupati Khalilurrahman mengatakan, peringatan haul seperti ini sengaja diadakan sebagai manifestasi berbaktinya anak terhadap orang tua (Birrul Waalidaiin), sekaligus selaku murid terhadap guru untuk mengenal jasa-jasanya.

Guru Khalil menghendaki, peringatan haul ini bisa dijadikan momentum untuk melangkah lebih maju lagi dan semua bangkit dibidang masing-masing menuju masyarakat sejahtera lahir dan batin, baik dunia dan akhirat.

Almarhum KH M Salim Ma’ruf  memperdalam ilmu-ilmu agama dengan beberapa orang guru, diantaranya KH Kasyful Anwar, KH Abdurrahman, KH Yusuf Jabal, KH Marzuki, KH Zainal Ilmi, Syech H Abdul Hamid dari Yaman. Paling banyak beliau menimba ilmu pada KH Kasyful Anwar.

Diantara ilmu dikuasai beliau yang menonjol adalah tafsir Alqur’an, ilmu Ushuluddin, ilmu Mantiq (Logika) dan ilmu Wifiq (rajah/wafaq).

Sifat KH M Salim Ma’ruf  selama memimpin Darussalam adalah kedisiplinannya, keras dalam segala hal, tegas dalam bersikap, suatu sifat tidak semua orang menyukainya, namun didalamnya mengandung hikmah teramat dalam.

Haul ke 38 KH M Salim Ma’ruf ini diisi dengan pembacaan syair-syair Maulid Nabi Muhammad SAW (Situd Duror) dan tausiah oleh Habib Thohir Al Khaf dari Tegal Jawa Tegah, dilanjutkan pembacaan Surah Yasiin, Tahlil dipimpin Habib Abdullah dari Sekumpul dan ditutup doa. (wan/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua