• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Ribuan Jamaah Hadiri Haulan ke-121 Syekh Abdussamad

SAMBUTAN – Bupati Batola H Hasanuddin Murad, memberikan sambutan pada haul ke-121 Alimul ‘Alamah Qadhi H Abdussamad bin Alimul ‘Alamah Mufti H Jamaluddin sekaligus Milad ke-316 Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.(KP/dok)
SAMBUTAN – Bupati Batola H Hasanuddin Murad, memberikan sambutan pada haul ke-121 Alimul ‘Alamah Qadhi H Abdussamad bin Alimul ‘Alamah Mufti H Jamaluddin sekaligus Milad ke-316 Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.(KP/dok)

Marabahan, KP – Komplek Pemakaman Datu Syekh Abdussamad Bakumpai, Marabahan, Kabupaten Barito Kuala (Batola) dipadati jemaah. Puluhan ribu jemaah laki-laki dan perempuan, tua, dewasa, muda hingga anak-anak berkumpul sejak pagi. Mereka bukan saja dari Marabahan dan sekitarnya, namun juga berasal daerah lainnya seperti Martapura, Rantau, dan Banjarmasin, bahkan provinsi tetangga seperti Kalteng dan Kaltim.

Kehadiran jemaah yang sebagian besar menggunakan pakaian putih-putih dan kopiah haji itu, dalam rangka menghadiri haul ke-121 Alimul ‘Alamah Qadhi H Abdussamad bin Alimul ‘Alamah Mufti H Jamaluddin sekaligus Milad ke-316 Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.

Tampak pula di tengah-tengah masyarakat Bupati Batola H Hasanuddin Murad, Ketua DPRD H Hikmatullah, para kandidat pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Batola periode 2017-2022, para pejabat, habaib, para ulama, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Haulan Datu Abdussamad ini diawali pengajian ayat suci Al-Quran oleh HA Saidi, pengantar kata dari zuriat KH Drs Asqalani Lc serta pembacaan manaqib Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari dan Alimul Alamah Qadhi H Abdussamad.

Acara juga diisi pembacaan Maulid Al-habsyi pimpinan H Mawardi Ijum serta tahlil dan doa dipimpin H Jarjani. Bupati Batola H Hasanuddin Murad mengatakan, milad Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari serta haulan Datu Abdussamad Bakumpai memiliki makna sangat penting. Mengingat, kedua ulama besar ini sangat berjasa dalam menyebarkan ajaran agama Islam. Sebagai perwujudan rasa kecintaan itulah, katanya, sehingga masyarakat berbondong-bondong mendatangi pelaksanaan haul dan milad.

Manfaat lainnya, lanjut bupati yang akrab disapa Hasan itu, melalui momentum ini masyarakat dapat meningkatkan silaturrahmi serta Ukhuwah Islamiyah, sebagaimana yang dianjurkan ajaran Islam. Di sisi lain, melalui pelaksanaan diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta rasa persatuan.

“Mudah-mudahan melalui momentum ini lebih mempererat rasa kebersamaan, persatuan serta ukuwah islamiyah antar sesama,’’ katanya. Dalam kesempatan haulan itu, mantan anggota DPR RI itu juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada masyarakat Batola, yang telah memberikan dukungan kepada dirinya dan Wakil Bupati H Ma’mun Kaderi, sehingga pelaksanaan pembangunan, pemerintahan, dan kemasyarakatan dapat berjalan dengan baik.

Sebelumnya, KH Drs Asqalani Lc, selaku ahlil bait menyampaikan terima kasih dan rasa bangganya kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah berkenan menghadiri haulan yang diselenggarakan. Keturunan keenam Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari itu, juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika dalam pelaksanaan terdapat kekurangan maupun hal-hal yang tidak berkenan.

“Ulun sangat himung (senang) atas kehadiran pian-pian barataan (semua). Tapi ulun mohon maaf tidak bisa menerima satu persatu,’’ katanya. (adv/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua