Ribuan Log Gagal Milir ke Banjarmasin

ditulis pada 12 Agustus 2017

MARABAHAN, KP – Sedikitnya 7.376 potong kayu log, gagal milir ke Banjarmasin. Itu setelah dicegat petugas gabungan dan barang buykti beserta tiga unit kapal motor yang menarik rakit log diamankan.

“Hasil ilegal logging  ini berhasil digagalkan, yang mana kayu dari Kalimantan Tengah (Kalteng) dan akan dibawa ke Banjarmasin,’’ kata Kapolda Kalsel, Brigjen Polisi Rachmat Mulyana didampingi Direktur Polairud, Kombes Gatot Wahyudi dan Kapolres Batola, AKBP Syahril Saharda, kepada awak media, di lokasi tumpukan kayu itu di wilayah hukum Polres Barito Kuala (Batola, Jumat (11/8).

Dalam kasus tersebut, lima orang terkait kepemilikan kayu diamankan pihak Korpolairud Baharkam Mabes Polri dan Dit Polairud Polda Kalsel, telah ditetapkan sebagai tersangka.

Adapun kelima tersangka, Jafar, Saumil, Rahimin, Nuim Hayat dan Sudirman, yang kini masih dalam pemeriksaan.

“Semua tersangka pemilik kayu masih dalam pemeriksaan,’’ tambah Kapolda.

Pada bagian lain Kapolda mengatakan, kasus ini ditangani pihak Baharkam dan pihaknya hanya membantu dalam penyidikan, dan juga sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kehutanan.

Sedangkan penyidik Baharkam Polri menjerat mereka Pasal 83 ayat 1 huruf b jo Pasal 12 huruf e Undang-Undang No 18 Tahun 2013 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan dengan ancaman maksimal 5 tahun dan atau denda 2,5 miliar.

“Kayu-kayu ini merupakan hutan rakyat dan sebagian ada jenis Meranti tanpa dilengkapi dokumen, dan sudah kita serahkan kepada ahlinya speeti Dinas Kehutanan untuk melakukan pemeriksaan, yang tahu mekanismenya,’’ ujar Kapolda lagi.

Dari jumlah kayu rakyat itu, juga ada membawa 273 potong kayu jenis Meranti. Bahkan ada 465 potong Meranti lagi, yang sudah ditinggalkan pemiliknya atau melarikan diri.

Diketahui, tersangka Jafar memiliki kayu log jenis meranti sebanyak 103 batang, Saumil 49 batang, Rahimin 34 batang, Nuim Hayati 19 batang, dan Sudirman 66 batang log Meranti.

“Kasusnya masih kita dalam dan tidak menutup kemungkinan adanya tersangka lain,’’ jelas Kapolda.

Diamankannya kayu itu, Sabtu lalu (5/8), ketika petugas melakukan patroli di perairan Barito sekitar Anjir Talaran di Kecamatan Marabahan, Kabupaten Batola. (K-4)

 

 

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.