• Hari ini : Kamis, 18 Januari 2018

RSUD H Badaruddin Tanjung Benahi Diri

RSUD - H Badaruddin Tanjung. (KP/Rosadi)
RSUD – H Badaruddin Tanjung. (KP/Rosadi)

Tanjung, KP – Sempat menjadi sorotan tajam terkait lemahnya pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H Badaruddin Kasim Tanjung beberapa waktu yang lalu, kini RSUD tersebut mulai berbenah diri, baik fasilitas maupun pelayanan. Seperti yang diungkapkan Direktur RSUD H Badaruddin Kasim Tanjung dr H Taufiqurrahman Hamdie, belum lama tadi di Tanjung.

Menurut Taufik, sebagai salah satu fasilitas pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, perubahan dan inovasi terus dilakukan RSUD H Badaruddin Tanjung. Ini tak lain agar RSUD Tanjung yang kini berada di bawah kepemimpinan bisa menjadi kebanggaan masyarakat Tabalong.

Untuk itulah berbagai program peningkatan pun dilakukan dan terbukti dari hasil survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS)) Tabalong, menunjukan adanya kenaikan tingkat kepuasan masyarakat tentang pelayanan di RSUD H Badaruddin Tanjung.

Dari data yang ada, pada tahun 2015 IKM unsur pelayanan 64,42 persen dan di tahun 2016 ini naik menjadi 75,11 persen, atau ada kenaikan yang cukup besar yaitu sekitar 10,69 persen. Sedangkan bila dilihat dari IKM unsur kepuasan masyarakatnya juga mengalami kenaikan sekitar 10,14 persen.

Pada tahun 2015 tingkat kepuasan masyarakatnya 61,53 persen dan di tahun 2016 meningkat menjadi 71,67 persen Dijelaskan Taufik, adapun beberapa langkah yang telah dilakukan pihak RSUD H Badaruddin Tanjung untuk peningkatan pelayanan dan kepuasan tersebut, seperti, adanya komitmen bersama seluruh karyawan untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

“Kemudian, pembenahan dan penataan ruangan serta lingkungan, peningkatan jumlah tenaga medis dan peningkatan SDM, penempatan tenaga resepsionis khusus membantu mengarahkan keperluan para pasien dan tamu yang berkunjung, serta pemberlakuan jam besuk supaya pelayanan semakin mudah dilakukan,” ujarnya.

“Untuk peningkatan SDM diantaranya dengan bertambahnya tenaga spesialis yang ada, saat ini sudah terdapat 22 orang tenaga dokter spesialis. Dokter spesialis yang baru ditambahkan diantaranta, dokter spesialis THT, Mata, Bedah Mulut, bedah, radiologi, koservasi gigi, kulit dan kelamin dan kunjungan spesialis Bedah vaskuler,” sebut Taufik.

Keberadaan SDM ini pun, lanjutnya juga didukung dengan peningkatan sarana dan prasarana, seperti memperbaharui sarana yang sudah usang, kalibrasi peralatan medis dan non medis yang canggih, ruang tunggu yang nyaman, kendaraan operasional seperti ambulans yang dilengkap  peralatan canggih serta perbekalan Farmasi (obat-obatan dan BAHP).
“Penataan Kembali unit Hemodialisa melalui penambahan sarana alat dan tenaga untuk menuju program unggulan Unit Hemodilisis terlengkap di daerah Banua Anam,” ujarnya.

“Selain itu memasang dukungan Sistem melalui Teknologi Informasi dengan konsep SIMRS sehingga membantu meningkatkan mutu dan performa pelayanan.

Terkait ruangan juga dilakukan penambahan Ruang Rawat Inap di bangsal Penyakit Dalam, Rehabilitasi Poliklinik Rawat, front Office yang dilengkapi sarana IT serta ditambah tiga orang tenaga Costumer Service pilihan dengan performa dan penampilan yang menarik, ramah dan peduli,” papar Taufik.

Inovasi lain lanjutnya, dalam menangani keluhan pelanggan, rumah sakit telah membentuk Tim Penanggulangan Keluhan dan membentuk Tim Survey Kepuasan Pelanggan (Survey IKM) yang dilaksanakan secara periodik bekerjasama dengan pihak BPS. Lebih lanjut, Direktur RSUD H Badarudin Kasim Tanjung ini menginformasikan bahwa saat ini RSUD H Badaruddin Tanjung tengah mempersiapkan pemindahan layanan ke RS baru di Desa Maburai dengan kapasitas 300 tempat tidur, meningkatkan kelas menjadi Rumah Sakit tipe B dan  menuju Rumah Sakit sebagai Rumah Sakit Rujukan regional di Benua Lima.

“Program unggulan juga tengah disusun, diantaranya, Cardiac centre dengan dilengkapi fasilitas alat cardiologi yang canggih dan tenaga spesialis jantung, Trauma Centre, Klinik VCT untuk penanganan kasus penderita HIV & AIDS dengan tenaga spesialis penyakit dalam dan spesialis kulit kelamin,” ujarnya. “Unit hemodialisis center dengan fasilitas alat hemodialisa sebagai rujukan di banua anam dan unit spesialis bedah mulut dan konservasi gigi yang dilengkapi alat diagnostik panoramic x ray,” demikian pungkas Direktur RSUD H Badsruddin Kasim Tanjung ini. (ros/hms/K-6)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua