• Hari ini : Sabtu, 21 Juli 2018

Rumah Warga Banyak Yang Terendam

BUPATI HSS - H Achmad Fikry,MAP saat meninjau lokasi banjir di wilayah yang terandam banjir  di desa Pakumpayan, Desa Lok Dalam dan Lok Nyiur Kecamatan Angkinang yang terendam serta melihat Persiapan Dapur Umum yang dilakukan oleh Tim Tagana. (KP/Norda Simah)
BUPATI HSS – H Achmad Fikry,MAP saat meninjau lokasi banjir di wilayah yang terandam banjir di desa Pakumpayan, Desa Lok Dalam dan Lok Nyiur Kecamatan Angkinang yang terendam serta melihat Persiapan Dapur Umum yang dilakukan oleh Tim Tagana. (KP/Norda Simah)

Kandangan, KP – Akibat hujan yang terus mengguyur Kabupaten HSS mengakibatkan satu buah rumah warga Desa Lokbinuang RT 2 Kecamatan Telaga Langsat Basrah dapurnya roboh atau rusak berat akibat diterjang air sungai.

Hal itu disebabkan rumah Basrah berada d tepi sungai.
Tak hanya itu, bahkan rumah warga lainnnya pun juga terendam, serta ruas jalan hampir tidak bisa di lewati akibat banjir.

Banjir juga dialami oleh warga desa Pakumpayan, Desa Lok Dalam dan Lok Nyiur Kecamatan Angkinang.

Sedangkan Bupati H Achmad Fikry, M.AP di dampingi Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hj.Siti Erma, S.Sos M.AP, Camat Angkinang Dian Marliana, S.STP, M.Si langsung meninjau lokasi banjir di wilayah yang terandam banjir  di desa Pakumpayan, Desa Lok Dalam dan Lok Nyiur Kecamatan Angkinang yang terendam serta melihat Persiapan Dapur Umum yang di lakukan oleh Tim Tagana, Selasa (22/11).

Sementara itu, Kadissosnakertrans Kabupaten HSS, Hj Siti Erma saat meninjau lokasi banjir menyampaikan, pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk membantu warga masyarakat yang mengalami bencana banjir. Senada dengannya,  Fatah Amin, selaku Kabid Perlindungan dan jaminan sosial Dinsosnakertrans HSS mengatakan pihaknya sudah mengerahkan anggota tagana untuk mendirikan dapur umum.

“Dapur umum lapangan sdh kita luncurkan untuk membantu mengatasi urusan makan warga” ujarnya.  Selain dapur umum, anggota water rescue tagana juga sudah berada di lokasi untuk membantu evakuasi di lokasi banjir.

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun volume debit air menjadi naik dan sudah mulai meluap kepemukiman warga dan kedalaman sungai sekitar 3 meter sampai dengan ke jalan.

Adapun permukiman rumah penduduk yang terendam air akibat banjir antara lain di Jalan A. Yani / Lokdalam Desa Angkinang Rt.01, Jalan Sungai Hanyar Desa Angkinang Rt.03, Jalan A. Yani / Pakumpayan Desa Angkinang Selatan Rt.02/03/04, Jalan A. Yani Desa Bakarung Rt.01, Desa Taniran Selatan Rt.03, Desa Taniran Kubah Rt.01/02, Desa Kayu Abang Rt.01, Dusun Tibung Desa Bamban Rt.01, Dusun Loknyiur Desa Bamban Rt.02, dan Desa Bamban Utara Rt.01.

“Air sudah mulai turun,” salah seorang anggota tagana HSS Fatur.
Menurut Fatur, Apabila hujan masih terjadi volume debit air sungai hanyar akan naik lagi dan juga mendapat kiriman air hujan dari pegunungan Desa Hamak Kec. Telaga Langsat Kab. HSS akan rawan menimbulkan rumah warga akan terendam sampai ke dalam rumah dan juga bisa menghanyutkan rumah yg berada di pinggir sungai. (noi/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua