Samsat Desa HSU Resmi Beroperasi

ditulis pada 8 Juni 2017
TINJAU – Layanan langsung Samsat Desa saat meresmikan samsat desa dilakukan Wabup HSU.

TINJAU – Layanan langsung Samsat Desa saat meresmikan samsat desa dilakukan Wabup HSU.

Amuntai, KP – Bagi warga masyarakat terpencil di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang ingin melakukan perpanjangan pajak kendaraan bermotor nampakanya tidak perlu jauh-jauh ke ibukota Kabupaten karena hanya cukup ke Kantor Samsat Desa yang siap beroperasi.

Samsat desa ini merupakan terobosan yang dilakukan Kantor Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) HSU guna memberikan kemudahan pelayanan masyarakat dalam pengurusan pengesahan pajak kendaraan bermotor.

Sebagai langkah awal keberadaan Samsat Desa yang telah diresmikan oleh Wakil Bupati (wabup) HSU H Husairi Abdi, Rabu (7/6), yaitu di Desa Kuangan dan Desa Palimbangan akan memberikan kemudahan karena masyarakat cukup mendatangi Kantor tersebut untuk PKB tidak perlu jauh ke Kantor UPPD.

Kepala UPPD Amuntai, Faisal Rumiarsih mengatakan dengan diluncurkan Samsat Desa ini merupakan terobosan yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan serta peningkatan pendapatan pajak daerah.

Kerjasama Samsat Desa ini, lanjut Kepala UPPD sebelumnya telah dilakukan survey serta kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten HSU, Kantor Bank Kalsel Amuntai serta pihak Kepolisian HSU.

Dengan diluncurkannya Samsat Desa di HSU ini merupakan satu-satunya yang ada di Kalimantan Selatan (Kalsel), “ Kami mencoba melakukan terobosan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat melalui Samsat Desa ini. Dan HSU merupakan yang pertama di Kalsel dengan kesepakatan antara, kepolisian, UPPD Amuntai, PT Jasaharja, Bank Kalsel Amuntai” terang Samsat.

Faisal menambahkan, dusa desa yan telah dipilih untuk pelayanan Samsat Desa ini karena pertimbangan akses yang dinilai bisa ditempuh oleh warga desa-desa lainnya cukup dekat, serta jaringan internet yang cukup bagus untuk memberikan pelayanan.

“Kenapa dua desa karena beradasarkan dari survei, karena mudah diakses oleh desa lainnya, yaitu Desa Kuangan dan Palimbangan” lanjut Faisal.

Adapun pelayanan yang diberikan yaitu pengasahan pajak satu tahun yang bisa langsung selesai, serta perpanjangan pajak lima tahun.

Namun untuk perpanjangan pajak lima tahun tersebut belum bisa langsung selesai karena harus menunggu berkasanya dibawa ke kantor  UPPD.

Selaian Samsat Desa, UPPD HSU juga memberikan layanan melalui Samsat Keliling yang melayani hanya perpanjangan pajak satu tahun dan beropreasi satu kali dalam seminggu. (nov/K-6)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.