• Hari ini : Kamis, 22 Februari 2018

Santri Kini Diberi Vaksin Difteri

Para santri yang diberikan vaksin difteri di sejumlah pesanteren di Banjarbaru.

Banjarbaru, KP – Dinas Kesehatan Banjarbaru juga memberikan vaksinasi difteri kepada ribuan santri di lingkungan Pondok Pesantren Al Falah putra dan putri.

Kadis Kesehatan drg Agus Widjaja mengatakan, pemberian vaksin itu untuk mencegah penularan penyakit difteri, terutama di kalangan santri.

“Pemberian vaksinasi difteri terhadap santri Ponpes Al Falah putera dan putri yang jumlahnya 3.800 orang dilakukan petugas yang mendatangi dua ponpes tersebut, baru-baru ini” katanya kemarin.

Dia mengatakan, jumlah petugas medis yang diturunkan melakukan vaksinasi terhadap ribuan santri sebanyak 114 orang, berasal dari puskesmas maupun petugas medis rumah sakit swasta.

Dijelaskannya, setiap santri diberikan suntikan berisi vaksin anti difteri dalam dua tahap sesuai aturan kesehatan untuk mencegah serangan penyakit itu di tubuh santri.

“Pemberian vaksin difteri terhadap santri ini merupakan tahap pertama dan tahap kedua diberikan dalam rentang waktu 30 sesudahnya. Petugas kembali datang memberikan vaksinasi,” ucapnya.

Dijelaskan Agus, pemberian vaksin secara massal merupakan tindaklanjut program pemerintah yang memberikan vaksinasi difteri terhadap warga negara berusia 1 hingga 19 tahun.

“Vaksinasi terhadap ribuan santri ini merupakan tindakan pencegahan dan diharap tidak ada santri yang terkena serangan difteri. Selain itu sebagai deteksi dini mencegah difteri,” ujarnya.

Ditambahkan Agus, hasil pemeriksaan terhadap masyarakat, diduga terserang difteri sebanyak 13 orang dari 2016 dan 2017. Dan ditemukan empat orang positif dan dua negatif.

“Hasilnya baru enam orang dan dua dinyatakan negatif, empat orang positif. Mereka sudah mendapatkan perawatan intensif sehingga kondisinya berangsur-angsur membaik,” ungkapnya. (wan/K-5)

 

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua