• Hari ini : Kamis, 22 Februari 2018

Satwa Langka Diserahkan ke BKSDA

Pihak Polres Katingan serahkan empat ekor satwa dilindungi ke pihak BKSDA Kalteng.

Kasongan, KP – Jajaran Polres Katingan menyerahkan 4 ekor Satwa dilindungi hasil pengamanan peliharaan milik warga di Kecamatan Katingan Hulu yakni 1 ekor Orangutan, 1 ekor Beruang Madu dan 2 ekor Owa-owa/Kelawet.

Hal itu diutarakan Kapolres Katingan, AKBP Ivant Adityas Nuhgraha kepada sejumlah wartawan, Senin (12/2).

Menurut Ivan bahwa jajaran kepolisian dari polsek Katingan Hulu mendapat informasi dari masyarakat tentang adanya warga yang memelihara satwa dilindungi.

Maka berkoordinasi dengan pihak Bos Fundation serta Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) berhasil mengamankan 4 ekor satwa.

Semua, setelah memberikan pengertian kepada masyarakat yang memelihara satwa dilindungi itu.

Dimana hasil pengakuan masyarakat, hewan itu ditemukan di kebun dan dibawa di pelihara hampir satu tahun.

Menurut kapolres berdasarkan, UU Nomor 5 Tahun 1990 serta peraturan pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 maka masyarakat dilarang memlihara hewan atau satwa dilindungi.

“Hasil temuan ini setelah diserahkan masyarakan ke pada pihak kepolisian maka selanjutnya kami serahkan ke pihak BKSDA Kalteng untuk proses lebih lanjut,’’ ujar kapolres.

Pihak BKSDA Kalteng, diwakili Jonet mengatakan bahwa satwa orangutan yang berhasil diamankan ini akan dititipkan diklinik orangutan Nyaru Menteng di Palangkaraya, untuk beruang madu juga dibawa ke palangkaraya sedangkan 2 ekor owa owa/ kelawet dititipkan di BKSDA Kalteng.

Pihaknya juga himbau agar masyarakat yang masih memilihara hewan atau satwa dilindungi, maka segera menyerahkan kepada pihak kepolisian atau BKSDA.

“Satwa ini merupakan satwa langka dan menjadi Endemik Pulau Kalimantan,’’ timpalnya. (isn/K-2)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua