• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Sebuku Bergerak Diharapkan Bermanfaat

Banjarmasin, KP – Pembentukan Perusahaan Umum (Perum) Sebuku Bergerak, yang menjadi milik pemerintah provinsi setempat diharapkan bermanfaat bagi daerah sendiri.

“Kita harapkan Perum Sebuku Bergerak bisa memberikan manfaat bagi daerah,’’ kata Wakil Ketua Pansus Raperda Sebuku Bergerak, H Yadi Ilhami pada paripurna dewan, kemarin, di Banjarmasin.

Karena, pembentukan Perum tersebut sebagaimana surat Kepala Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas (SKK Migas), agar pemerintah daerah bisa menerima bagi hasil atas pengelolaan migas tersebut.

“Jadi Pansus bersama Pemprov Kalsel akan segera berkonsultasi/berkoordinasi dengan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam hal ini SKK Migas,’’ tambah politisi Partai Demokrat tersebut.

Menurut Yadi Ilhami, Pansus konsultasi atau berkoordinasi dengan Kementerian ESDM/SKK Migas itu perlu agar dalam pembentukan Perum Sebuku Bergerak yang akan menangani bagi hasil penambangan Migas pada Blok Sebuku sesuai peraturan perundang-undangan.

Selain itu, agar kegiatan Perum Sebuku Bergerak nanti berjalan lancar, terutama dalam menghimpun dan mengelola dana bagi hasil eksploitasi dan eksplorasi Migas guna peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Kalsel, demikian anggota DPRD tingkat provinsi tersebut.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor berharap, dengan pembentukan Perum Sebuku Bergerak tersebut, Pemprov setempat dapat memiliki hak `participating interest’ (PI) sebesar 10 persen terhadap produk Migas Sebuku.

“Dengan kepemilikan PI 10 persen, kita berharap pula nantinya dapat meningkatkan PAD,’’ ujar Sahbirin dalam sambutan yang dibacakan Wakil Gubernur setempat, H Rudy Resnawan.

Terbentuknya Perum pengelolaan PI juga meningkatkan mutu dan kuantitas PAD, serta memberikan distribusi pengetahuan, pengalaman dan dukungan pemerintah daerah yang efektif, efisien serta berkelanjutan. (lyn/K-7)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua