Selesaikan Tapal Batas, Komisi III Gelar RDP

ditulis pada 3 Juni 2017
Komisi III DPRD Kabupaten Kapuas, saat menggelar RDP bersama Dinas Terkait diruang rapat gabungan Komisi DPR Kapuas, kemarin.

Komisi III DPRD Kabupaten Kapuas, saat menggelar RDP bersama Dinas Terkait diruang rapat gabungan Komisi DPR Kapuas, kemarin.

Kuala Kapuas, KP – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyay Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan instansi terkait di ruang rapat gabungan Komisi DPRD Kapuas, kemarin.

RDP yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi III DPRD Kapuas Kunanto, dengan agenda penyelesaian tapal batas wilayah antara Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Batola Kalimantan Selatan.

RDP ini juga dilaksanakan berkaitan untuk melengkapi data Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten (RTRWK) Kapuas.

“Perlunya kita bersama-sama berjuang dalam penegasan RTRWK, bermula dari jumlah infrastruktur yang terdata,’’ kata Kunanto, kepada wartawan di Kuala Kapuas.

Menurut politisi Partai NasDem ini, bahwa problem RTRWK memang dinamis, namun perlunya penegasan secara hukum wilayah Kapuas yang memiliki legalitas.

“Masalah tapal batas sangat penting, dan banyak aspek berpengaruh, jangan sampai kondisinya menjadi urgen,’’ katanya.

Khususnya, lanjut wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan satu (Dapil I) ini, untuk wilayah Kecamatan Kapuas Kuala, Bataguh, Kapuas Timur, masih banyak masalah tapal batas dan berinvestasi seperti perkebunan yang harus diselesaikan.

“Tanpa kejelasan RTRWK maka akan memperburuk instrument pembangunan yang sudah mengarah kepada pencapolkan,” kata dia.

Sementara itu, Kabid Cipta Karya Dinas PU kabupaten Kapuas, Maria Zusana Natalestarie menjelaskan bahwa diperlukanya masalah tapal batas ini bermula dengan profile batas Desa.

“Kita masih belum memiliki data akurat tertang profile desa,’’ ujarnya.

Menyikapi permintaan Komisi III, dirinya menyatakan siap untuk menyampaikan data yang ada, sebagai bahan tindak lanjut kelengkapan RTRWK Kapuas. (Al/K-8)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.