• Hari ini : Minggu, 21 Januari 2018

Setelah Dipasung 10 Tahun, Nurdin Mendapat Perawatan

hal-11-2-klm-evakuasi

Pulang Pisau, KP – Setelah terpasung selama 10 tahun, Nurdin akhirnya di bawa ke RSJ Sambung Lihung untuk dirawat, Jumat (18/11) pekan kemarin. Penjembutan Nurdin di rumahnya di Desa Tanjung Perawan Kecamatan Kahayan Kuala tersebut di lakukan oleh tim dari RSJ Sambung Lihung dan di dampinggi petugas dari Dinas Sosial setempat, aparat kecamatan dan kepolisian dari Polsek setempat.

“Kita sangat bersyukur akhirnya Nurdin bisa mendapatkan perawatan untuk penyembuhan penyakitnya,’’ kata Tenaga Kesejahteraan Sukarela Kecamatan (TKSK) Kecamatan Kahayan Kuala, Bidin kepada Kp melalui rilinya yang di kirim melalui shot messege sarvice (SMS) Minggu (20/11) kemarin.

Dikatakan Bidin, bahwa Nurdin yang di pasung sejak 10 tahun silam ini diduga mengindap gangguan jiwa.

Lantaran sering mengamuk dan  mengganggu warga sekitar bahkan kalau dibiarkan kata Bidin, Nurdin bisa mencuri serta  mengambil barang milik orang lain, Nurdin akhirnya di pasung di dalam pondok yang tak jauh dari kediaman orang tuanya.

Selama dalam pasungannya, sesekali Nurdin dilepas, sehingga bisa menghirup udara segar dan tak lama kemudian di pasung kembali.

“Kronologisnya, Nurdin  punya ibu tiri yang tidak menyukai anaknya, karena sering mengamuk dan  memcuri serta mengambil barang orang. Bukannya dipakai, barang itu lalu dibuang. Makanya dari pada membahayakan keselamatan orang, oleh keluarganya, Nurdin di pasung,’’ terang Bidin.

Sementara Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Tranmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Pulang Pisau, Satria During melalui Kabid Jaminan Kesejahteraan Sosial, Etty Wati mengatakan, bahwa dirinya merasa lega karena tugas untuk mengevakuasi warganya yang menderita gangguan jiwa dan hidup dalam pasungan tersebut sudah selesai dilakukan.

Diakuinya, bahwa pemenuhan kelengkapan data-data adminitrasi kependudukan milik Nurdin memang sedikit agak telambat.

Selain itu kata Etty, dirinya juga harus mengurus kartu BPJSnya dan data lannya yang harus dilengkapi untuk syarat-syarat perawatan di RSJ Sambung Lihung.

“Kita bekerja sesuai dengan rencana, dan kita bersyukur proses evakuasi Nurdin berjalan dengan lancar dan aman. Kita ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang yang telah membatu proses evakuasi ini,’’ pungkasnya. (SGT/K-8)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua