• Hari ini : Kamis, 24 Mei 2018
  • 28 C

Siap Tindak Tegas Pelanggar Perda Ramadhan

Kepala Satpol PP Banjar Ahmadi berjanji bakal menindak tegas pelanggar Perda Ramadhan.

Martapura, KP – Pada bulan puasa, Satpol PP Banjar siap menindak tegas pelanggar Perda Ramadhan.

Banjar sendiri memiliki Perda Nomor 5 Tahun 2004 tentang larangan membuka restoran, warung dan sejenisnya serta makan minum atau merokok di tempat umum pada bulan suci Ramadhan, esensinya guna mendukung masyarakat yang mayoritas muslim untuk menjaga kekhusukan melaksanakan ibadah puasa.

“Kami kembali mensosialisasikan kepada masyarakat tentang Perda Ramadhan tersebut,’’ ungkap Kasat Pol PP Ahmadi, kemarin.

Pihaknya juga membuat edaran Bupati Banjar tentang larangan makan minum di siang hari serta larangan lainnya yang disebarkan ke kecamatan dan desa-desa. Pengumuman juga disampaikan melalui radio-radio.

“Nantinya kita juga pasang spanduk yang isinya larangan membuka restoran, warung dan sejenisnya serta makan minum atau merokok di tempat umum pada bulan suci Ramadhan,’’ ujarnya.

Pelanggar Perda akan dikenakan sanksi tegas dengan ancaman hukuman penjara dan juga denda.

Namun pelanggar diberikan sanksi secara bertahap, mulai teguran lisan, membuat surat pernyataan hingga ditindak secara tegas dengan sanksi ancaman pidana kurungan paling lama tiga bulan atau denda paling banyak Rp2,5 juta.

Selain itu, Satpol PP bersama Polres Banjar serta Kodim 1006 Martapura, siap melakukan giat gabungan selama 23 hari yang dibagi menjadi dua tim di seluruh wilayah Kabupaten Banjar.

“Nanti dilakukan patroli gabungan dibeberapa lokasi dengan jumlah personil 40 orang yang dibagi dua,’’ tandasnya. (wan/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua