• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Sudah Saatnya Beralih ke Pangan Pengganti Beras

Ketua TP PKK Ririen Kartika pada lomba pengolahan pangan lokal pengganti beras/nasi.
Ketua TP PKK Ririen Kartika pada lomba pengolahan pangan lokal pengganti beras/nasi.

Banjarbaru, KP – Ketua TP PKK Hj Ririen Kartika didampingi Wakilnya Eny Apriyati membuka lomba pengolahan pangan lokal pengganti beras/nasi yang digelar Badan Ketahanan Pangan Banjarbaru di Sekretariat TP PKK, Kamis (17/11).

Hadir Plt Kepala Badan Ketahanan Pangan Banjarbaru Sri Fatma Karmailita, perwakilan Badan Ketahanan Pangan Kalsel Ir Isnaini, Chef Junai dari HBI Banjarmasin selaku dewan juri serta TP PKK Kelurahan dan Kecamatan se Banjarbaru.

Plt Kepala Badan Ketahanan Pangan Banjarbaru Sri Fatma mengatakan, tujuan kegiatan ini guna menciptakan menu baru pengganti beras. Dan pada HUT Banjarbaru 2017 siap digelar lomba cipta menu ini.

Ketua TP PKK Ririen Kartika mengatakan, lomba ini dapat meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya pangan bergizi dalam menciptakan manusia berkualitas serta meningkatnya perhatian pada upaya pengembangan pangan lokal.

“Ini sekaligus juga menjadi sarana bagi kita semua, khususnya ibu-ibu PKK untuk menyatukan komitmen dan pemahaman tentang pangan lokal alternatif pengganti beras yang mudah di dapat, murah dan tersedia sepanjang masa,’’ tandasnya.

Dia berharap kedepannya masyarakat Banjarbaru dapat mengaplikasikan variasi menu yang dibuat melalui peran ibu-ibu PKK sampai tingkat rumah tangga, sehingga keluarga dapat hidup sehat, aktif dan produktif dengan menu beragam, bergizi seimbang dan aman.

“Kepada TP PKK Kelurahan dan Kecamatan, satukanlah tekad untuk terus berinovasi guna mengembangkan menu pangan lokal yang sekaligus bukti nyata komitmen TP PKK membantu menyukseskan program pemerintah mengurangi konsumsi beras sebesar 1,5 persen pertahun,’’ tandasnya. (wan/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua