• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Sukses Raih Gelar Juara Umum Kejuaraan Karate Asia Oceania

Kabid Pembinaan Olahraga Prestasi Dispora, H Abd Hamid, bersama Fauzan dkk dan pengurus FKTI dan KONI Kalsel. (Kp/ist)

BANJARMASIN, KP – Acungan jempol patut diberikan kepada Koordinator Daerah Federasi Karate Tradisional Indonesia (Korda FKTI) Kalsel. Pasalnya, tim karate Korda FKTI Kalsel sukses meraih gelar juara umum pada Kejuaraan Karate Tradisional Asia Oceania 2017 di IPDN Jatinangor, Jawa Barat, 12-13 Agustus lalu. Dalam kejuaraan tersebut, tim karate Korda FKTI Kalsel meraih lima medali emas, lima medali perak, dan empat medali perunggu.

Pelatih tim karate Korda FKTI Kalsel, Gusti Syaiful Kasuma menuturkan gelar juara umum ini sesuai dengan target Korda FKTI Kalsel. “Alhamdulillah, kami bersyukur bisa dapat gelar juara umum. Ini tentunya berkat perjuangan dan persiapan yang tak kenal lelah para karateka Korda FKTI Kalsel,” ungkap pria yang akrab disapa Syaiful.

Syaiful menambahkan dalam kejuaraan tersebut diikuti 15 Korda FKTI dan beberapa tim dari luar negeri. Yakni, Malaysia, Singapura, dan Uzbekistan. “Persaingan sebenarnya terbilang berat. Karena, karateka dari daerah lain dan luar negeri punya keinginan yang sama, yakni meraih gelar juara. Hanya saja, tim Korda FKTI Kalsel lebih maksimal, sehingga bisa meraih medali emas paling banyak dari beberapa nomor yang dipertandingkan,” urainya.

Untuk lima medali emas masing-masing diraih dari nomor kata beregu putra dan kata no bunkai atas nama Gusti yuliandhi Putra Kasuma, M Khairul Anam, dan M Zulfahmi. Selain itu, emas juga diraih dari nomor pertandingan embu putra berpasangan atas nama M Khairul Anam dan M Zulfahmi. Dua emas lagi dipersembahkan oleh Fauzan yang turun di nomor kumite perorangan putra dan fukugo putra.

Gusti Yuliandhi Putra Kasuma mendapatkan medali perak di nomor kata perorangan putra. Selain itu, oerak juga diraih oleh trio Fauzan, M Fikriyan Hidayat, dan Rifki Maulana yang tampil di nomor pertandingan kata no bunkai. Kumite beregu yang menurunkan Fauzan, M Isro Muhyidin, M Fikriyan Hidayat, serta Rifki Maulana juga meraih medali perak untuk nomor kumite beregu putra. Dua perak lagi datang dari nomor embu berpasangan putra yang dimainkan oleh Rifki Maulana dan Fauzan. Serta dari nomor fukugo putra oleh Fikriyan Hidayat.

Selain itu, empat perunggu diraih dari nomor pertandingan kata beregu putra oleh Fauzan, M Fikriyan Hidayat, serta Rifki Maulana. Kemudian dari kumite putra atas nama M Isro Muhyidin. Dua perak lagi dari nomor embu berpasangan putra yakni Gusti Yuliandhi Putra Kasuma dan fukugo putra atas nama M Fikriyan Hidayat.

“Mudah-mudahan, gelar juara kali ini bisa semakin menambah motivasi para karateka tradisional Kalsel untuk berlaga di event lain yang lebih bergengsi,” papar Ketua Umum Korda FKTI Kalsel.

Kadispora Kalsel, Zakly Asswan diwakili Kabid Pembinaan Olahraga Prestasi Abdul Hamid, ketika mendampingi rombongan KONI Kalsel dan FKTI Kalsel menjemput di bandara Syamsuddin Noor, menyatakan menyambut gembira prestasi yang diukir karateka banua tersebut.

‘’Kita harapkan prestasi international ini bias memberikan motivasi pada atlet-atlet Kalsel lainnya agar bias mengukir prestsi serupa, sehingga bias mengangkat nama Indonesia umunya dan khususnya Kalimantan Selatan,’’ tandas Abdul Hamid. (rel/k-9)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua