• Hari ini : Senin, 20 Agustus 2018

SWI PWI Dukung Kalsel jadi Tuan Rumah PON

Gubernur KAlsel saat bertatap muka dengan pengurus SIWO PWI Pusat didampingi pengurus PWI Kalsel di sela peringatan HPN di Padang Sumbar

Padang, KP – Niat dan cita-cita Provinsi Kalimantan Selatan untuk menjadi tuan rumah pekan olahraga nasional (PON) untuk pertama kalinya. Target menjadi tuan rumah PON 2024 terus diperjuangkan seluruh masyarakat Kalsel.

Di sela kegiatan Puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Dana Cimpago, Padang, Sumatera Barat, jajaran Pemprov Kalsel mendapatkan dukungan moril dalam usaha merealisasikan menjadi tuan rumah tersebut.

Dukungan moril diberikan oleh Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI). Ketua SIWO PWI Pusat, Raja Pane, saat bertemu dengan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor di Hotel Axana, Kamis (8/2) malam menyampaikan bentuk dukungan moril tersebut.

“Pada rapat kerja nasional (rakernas) Siwo PWI 2016 di hotel Grand Mentari Banjarmasin, telah disepakati bahwa Kalsel akan menjadi tuan rumah PON 2024 mendatang,’’ ucapnya.

Dirinya mengatakan, beberapa provinsi di Indonesia juga tengah mempersiapkan diri untuk maju mencalonkan diri menjadi tuan rumah PON 2024, seperti Sumatera Utara-Aceh , Bali- Nusa Tenggara Barat, Sumatera Barat, dan Kalimantan Selatan.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengatakan, pada tahun 2020 yang menjadi tuan rumah PON adalah Papua yang berada di kawasan Indonesia bagian timur.

Menurut Gubernur yang sapaan akrabnya Paman Birin ini, sudah saatnya pada tahun 2024 nanti Kalimantan Selatan menjadi wakil Indonesia bagian tengah sebagai tempat penyelenggaraan p0esta olahraga multi even tersebut, cetusnya..

Ditambahkan Gubernur yang memiliki slogan ‘Bergerak’ yang artinya ‘Berjuang Gelorakan Rakyat’, Provinsi Kalimantan Selatan terus berbenah untuk menjadi tuan rumah PON. Salah satu upayanya adalah dengan menyiapkan sarana dan prasarana seperti mendata semua tempat pertandingan, penginapan, dan tempat wisata yang berada di kabupaten kota di Kalsel.

Pertemuan tersebut juga dihadiri Ketua DKP PWI Kalsel, Fathurrahman, Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmi, dan salah satu Tokoh Pers Kalsel, H Pangeran Rusdi Effendi.

Venues 13 Kabupaten/Kota

Secara terpisah, Kadispora (Kepala dinas Pemuda dan Olahraga) Provinsi Kalsel, Zakly Asswan, menuturkan bahwa 13 kabupaten kota telah melakukan persiapan, dengan membangun venues-venues yang standar nasional. Sehingga jika Kalsel menjadi tuan rumah, maka pertandingan akan dilangsungkan di 13 kabupaten kota, sesuai dengan venues yang mereka siapkan untuk beberapa cabor yang akan ditentukan kemudian, tandasnya.

Menurut Zakly, kalau program Menpora direalisasikan, PON 2 tahun sekali, maka Kalsel siap jadi tuan rumah PON XXII tahun 2024, sedangkan untuk PON XXI tahun 2022, Sumut dan Aceh dipesilahkan menjadi tuan rumah setelah PON XX Papua tahun 2020. (mns/nfr/K-9)

Tag:,
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua