Tanah Laut Targetkan 9.000 Hektare Tanam Kedelai

ditulis pada 12 Oktober 2017

Tanaman Kedelai. (Net)

Pelaihari, KP – Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Ahmad Mustadi mengatakan pada musim tanam tahun 2017 Pemkab Tanah Laut menargetkan luas tanam kedelai 9.000 hektare.

“Khusus Tanah Laut ditergetkan tanam kedelai seluas 9.000 hektare. Sedangkan Kalsel secara umum ditargetkan seluas 27.000 hektare,” ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Tanah Laut Ahmad Mustadi di Pelaihari, Jumat.

Menurut dia, penanaman kedelai pada musim tanam tahun 2017 tersebut dicanangkan di 20 provinsi se-Indonesia.

Khusus di wilayah Kalsel, pemerintah provinsi memfokuskan penanaman kedelai di Kabupaten Tanah Laut.

Bahkan, Tanah Laut termasuk dalam sasaran nasional untuk penanamam kedelai di wilayah Provinsi Kalsel.

Sebagai bentuk keseriusan dari program pemerintah tersebut, Kementerian Pertanian RI memberikan bantuan benih kedelai dan secara simbolis diserahkan oleh Staf Ahli Kementrian Pertanian Bidang Agro Industri Gardjita Budi kepada kelompok tani.

Sedangkan Sekdakab Tanah Laut Syahrian Nurdin mengungkapkan pengembangan kedelai di Tanah Laut ke depan diharapkan mampu berkontribusi untuk memenuhi produksi kedelai nasional.

Pola pengembangan tanaman kedelai di Tanah Laut diarahkan melalui pola tumpang sari, mengingat di kabupaten tersebut telah sejak lama berkembang budidaya tanaman jagung.

Lebih lanjut dia mengemukakan dengan tumpang sari, maka tanaman kedelai tidak menghilangkan atau mengurangi produksi tanaman jagung di daerah tersebut.

“Namun, dibeberapa lokasi pengembangan baru bias saja dilaksanakan pola tanam monokultur kedelai,” tandasnya. (net/K-6)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.