• Hari ini : Kamis, 18 Januari 2018

Tanam Padi Serentak Bersama Kodim 1001/Amt-Blg

ASISTEN II - Akhmad Fauzi, Kasdim 1001/Amt-Blg Mayor Inf Kamaruddin dan Kadis PTPHPP Tuhalus, lakukan tanam padi bersama. (KP/Ist)
ASISTEN II – Akhmad Fauzi, Kasdim 1001/Amt-Blg Mayor Inf Kamaruddin dan Kadis PTPHPP Tuhalus, lakukan tanam padi bersama. (KP/Ist)

Paringin, KP – Gerakan tanam padi serentak pada lokasi cetak sawah baru di Desa Galumbang Kecamatan Juai Kabupaten Balangan, Kamis (24/11) kemarin, dihadiri Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hultikultura Perternakan dan Perikanan (PTPHPP) Balangan Ir Tuhalus, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Akhmad Fauzi, S.Sos, Kasdim 1001/Amuntai – Balangan Mayor Inf Kamaruddin, Kapolsek Juai dan Kelompok Tani Tunas Muda Desa Galumbang.

Kepala Dinas PTPHPP Ir Tuhalus S.Pt MP menyebutkan gerakan temu lapang tanam serentak masa tanam tahun 2016-2017 yang bertemakan “Mari Menuju Swasembada Pangan Nasional Berkelanjutan,” ini, dilokasi di sawah milik kelompok tani Tunas Muda Desa Galumbang Kecamatan Juai, seluas 150 Ha.

Sementara, Bupati Balangan dalam sambutannya yang disampaikan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Akhmad Fauzi, S.Sos mengungkapkan, Gerakan Tanam padi serentak ini merupakan salah satu kegiatan dan upaya untuk meningkatkan hasil dari pertanian karena dengan penanaman serentak dapat mengurangi hama padi dibandingkan tanam padi perkelompok, “Tanam Padi Serentak” merupakan salah satu alternatif yang sangat pas dan relevan untuk dapat mencapai tujuan Negara Indonesia yakni mencapai Swasembada Pangan dan Ketahanan Pangan Nasional.

Diakhir sambutannya, diucapkan terimakasih kepada TNI melalui para Babinsa  Kodim 1001/Amt-Blg yang langsung turun dilapangan melaksanakan kegiatan pengawalan dan pendampingan Upsus Pajala.
Kasdim 1001/Amt – Blg Mayor Inf Kamaruddin mengatakan, dengan kegiatan ini semoga kabupaten Balangan dapat menjadi daerah swasembada pangan untuk menuju daerah ketahanan pangan yang tangguh dan jajaran Babinsa Kodim 1001  bersama Badan Penyuluh (Bapeluh) siap membantu petani dari menanam hingga panen.

Setiap anggota Babinsa lanjut Kamruddin, diwajibkan turun kelapangan guna melakukan pendampingan dan monotoring bagi para petani. Agar kondisi pertanian dapat diketahui dengan mudah dan jika ada kendala lapangan bisa diambil tindak antisipasi lebih cepat.
“Apa yang kita lakukan ini demi untuk mencapai swasembada pangan secara daerah maupun nasional dan juga tentunya membantu masyarakat,” imbuhnya. (jun/K-6)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua