• Hari ini : Jumat, 22 Juni 2018

Tanbu Raih ICSB Indonesia City Award 2016

PENGHARGAAN - Internasional Council For Small Bsiness (ICSB) untuk kategori Natamukti Satria diserahkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan menengah RI AAGN Puspayoga kepada Wakil Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor di Harris Hotel Denpasar Bali Selasa (29/11) kemarin. (KP/Ist)
PENGHARGAAN – Internasional Council For Small Bsiness (ICSB) untuk kategori Natamukti Satria diserahkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan menengah RI AAGN Puspayoga kepada Wakil Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor di Harris Hotel Denpasar Bali Selasa (29/11) kemarin. (KP/Ist)

Batulicin, KP – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) meraih penghargaan Internasional Council For Small Bsiness (ICSB) untuk kategori Natamukti Satria.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan menengah Republik Indonesia A.A.G.N Puspayoga kepada Wakil Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor di Harris Hotel Denpasar Bali Selasa (29/11) kemarin.

Penghargaan tersebut adalah bentuk keberhasilan Pemkab Tanbu dalam mempromosikan kearifan lokal dan menciptakan investasi  Usaha Menengah Kecil Masyarakat (UMKM) di daerahnya. Plt. Kepala Dinas Prindustrian Perdagangan Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Tanah Bumbu Ir H Riduan melalui Kabid UKM Fahrurazi menyampaikan, penghargaan ini merupakan tindak lanjut dari program acara Gebyar UKM Indonesia di 18 Kota Utama Indonesia dan bertujuan mensosialisasikan semangat kewirausahaan yang produktif  serta kreatif kepada UKM Indonesia.

“Dalam gebyar tersebut sebelumnya dilaksanakan di Banjarbaru  pada Selasa 22 Nopember kemarin dan pihak ICBS telah memberikan penghargaan ICBS Indonesia Presidential Award 2016 kepada Disprindakop dan UKM Tanbu dengan kategori Policy Maker atas dedikasi dan komitmennya dalam mendukung kemajuan UKM daerah,” kata Fahrurazi.

Dia menambahkan, atas Inisiasi Pemerintah Daerah dalam menjembatani pengembangan UMKM melalui Gebyar UKM tersebut, dibuktikan dengan promosi produk lokal berupa Nuget dan Stik Tulang Ikan Tengiri.

Jenis produk lokal itu katanya merupakan bahan baku lokal  dari tulang ikan yang di presto, kemudian diinovasi menjadi bentuk makanan bercampur sayuran sehingga memiliki gizi dan punya nilai jual untuk peningkatan ekonomi pelaku UMKM .

“Sebagai bukti atas tingginya minat masyarakat terhadap inovasi produk daerah yang telah dipromosikan, akhirnya mendapat penghargaan juara satu sebagai kategori penjualan terbaik, sekaligus mendapatkan penghargaan katergori Policy Maker yakni pelayanan terbaik tentang pengembangan UMKM daerah,”tandasnya. Terpisah, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming menyatakan turut mengapresiasi atas diraihnya penghargaan tersebut.

Dikatakanya, penghargaan ini merupakan tolak ukur berhasilnya pemberdayaan terhadap pelaku UMKM daerah.

Menurutnya, pelaku UMKM merupakan ujung tombak dari pengembangan ekonomi masyarakat lokal yang turut andil membantu program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan di daerah.

“Melalui itu, berarti kekayaan alam yang kita miliki telah dimanfaatkan secara kreatif oleh pelaku UMKM sehingga berlanjut menjadi olahan bernilai ekonomi dan diharapkan bisa memberi kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (rel/han) 

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua