• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Bupati Tapin Terima Adhikarya Pangan Nusantara Dari Presiden

Rantau, KP – Hari jadi Kabupaten Tapin yang ke 51 tahun 2016 kali ini merupakan hari yang teristimewa bagi Pemerintah Kabupaten Tapin, karena pada hari ini bupati Tapin Drs HM Arifin Arpan, MM menerima langsung penghargaan tertinggi di bidang pangan yaitu Adhikarya Pangan Nusantara dari Presiden RI Ir Joko Widodo.

Anugerah Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara dari Presiden RI ini juga merupakan satu kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Tapin karena anugerah Adhikarya Pangan Nusantara (APN) ini merupakan kado ulang tahun yang ke 51 bagi kabupaten kepada yang diberikan oleh presiden RI Ir Joko Widodo.

Drs HM Arifin Arpan, MM Bupati Tapin Provinsi Kalimantan Selatan yang merupakan satu diantara 5 orang Bupati dan 3 Gubernur Se Indonesia yang menerima Anugerah Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2016 di Istana Negara Jakarta, Rabu (30/11) kemarin.

Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara diberikan oleh Presiden selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan setiap tahunnya bagi petani, nelayan, pelaku, aparatur negara, dan Kepala Daerah Berprestasi sebanyak 73 orang sebagai bentuk apresiasi  tertinggi negara kepada setiap orang/ lembaga yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam mewujudkan ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan pangan yang tahun ini bertepatan dengan Peringatan Hari Jadi ke 51 Kab Tapin 30 Nopember 2016.

Drs HM Arifin Arpan, MM yang menerima Anugerah Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2016 ini merupakan Kado Istimewa Bagi Bupati Tapin di Hari Jadi Ke 51 Kabupaten Tapin yang ditetapkan sebagai Pembina Ketahanan Pangan yang telah berhasil menggerakan perangkatnya dan masyarakat di wilayahnya dalam mengurangi kemiskinan/ kerawanan pangan/ gizi buruk, meningkatkan produksi pangan sesuai potensi daerah, mempercepat diversifikasi pangan, serta mewujudkan swasembada padi, jagung, kedelai secara luar biasa, bahkan Tapin sekarang telah mengembangkan Komoditi unggulan Bawang Merah, Cabai Hiyung yang level pedasnya 16 kali dari cabai biasa serta Jeruk Margasari yang terkenal sangat manis.

Selain Bupati Tapin yang menerima anugerah Adhikarya Pangan Nusantara ini juga ada seorang petani Tapin, yaitu Bakeri menerima Anugerah Pemangku Ketahanan Pangan yang telah berpengaruh besar dan berkharisma, serta telah berhasil menggerakan masyarakat untuk melestarikan kearifan lokal dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan, dan ketahanan pangan.

Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara ini diberikan setiap tahun dengan melibatkan tim penilai independen yang terdiri dari akademisi, pengamat, dan aparatur negara, serta dengan berdasarkan usulan secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan pusat.
Dalam acara tersebut, Presiden mengatakan agar para Gubernur dan Bupati mengawal betul upaya pewujudan swasembada pangan di daerahnya masing-masing.

Moment pemberian Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2016, Presiden Jokowi selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan berharap agar para Penerima dapat terus bekerja dan bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat dalam pembangunan ketahanan pangan.

Presiden Jokowi juga berpesan agar para Penerima Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2016 kembali ke daerah masing-masing dengan mengemban amanat yang lebih besar lagi dalam mewujudkan ketahanan pangan, kemandirian pangan, dan kedaulatan pangan nasional.

Sementara itu Bupati Tapin Drs HM Arifin Arpan, MM mengucapkan Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Tapin kembali mendapatkan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara ditingkat Nasional. Hal ini menunjukan kebersamaan Pemerintah Daerah bersama warga Tapin yang mayoritas bermata pencaharian bertani dalam mewujudkan dan meningkatkan produksi, mengelola cadangan, melakukan stabilitasi harga, serta pembinaan konsumsi pangan dan perbaikan gizi di Kabupaten Tapin. Demikian Pula peran warga Tapin dalam pembangunan di daerah dan nasional akan semakin meningkat serta diintegrasikan menuju peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. (ari/K-6)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua