Tapin Kembangkan Hutan Kota Jadi Kawasan Wisata Alam

ditulis pada 7 Juli 2017
BUPATI TAPIN - HM. Arifin Arpan diiringi sejumlah kepala SOPD terkait tinjau sejumlah kawasan seperti Hutan Kota, RTH, dan kawasan Rantau Baru untuk dijadikan sebagai kawasan wisata di daerah ini.

BUPATI TAPIN – HM. Arifin Arpan diiringi sejumlah kepala SOPD terkait tinjau sejumlah kawasan seperti Hutan Kota, RTH, dan kawasan Rantau Baru untuk dijadikan sebagai kawasan wisata di daerah ini.

Rantau, KP – Pemerintah Kabupaten Tapin kini ingin mengembangkan kawasan wisata alam yang yang berada di kawasan Hutan Kota dan kawasan Rantau Baru.

Tempat wisata baru ini akan dikembangkan dan dijadikan kawasan wisata baru untuk warga masyarakat kabupaten Tapin dan sekitarnya.

Beberapa kawasan yang ada di kota Rantau dan sekitarnya seperti kawasan hutan kota Rantau, Ruang Terbuka Hijau (RTH) Rantau Baru, RTH Pasar Rantau lama rencananya akan difungsikan sebagairuang terbuka hijau dan dapat digunakan untuk bersantai, kedepan sejumlah lokasi ini akan di jadikan tempat pariwisata masyarakat.

Plt. Kepala  Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Tapin Hamdan Rosyadi mengatakan, bahwa kawasan Rantau Baru ini direncanakan akan di fungsikan sebagai tempat pariwisata karena beberapa lokasi ini dapat dijadikan kawasan wisata alam yang potensial dan melihat dibeberapa daerah dapat dimamfaatkan sebagai kawasan tempat pariwisata yang ramai dikunjungi oleh masyarakat.

“ Seperti kita ketahui bahwa, pada saat liburan Sabtu dan Minggu terlebih lagi libur panjang Hari Raya Idul Fitri kemarin kawasan RTH Rantau Baru selalu di padati oleh pengunjung baik dari Kota Rantau maupun dari masyarakat yang sedang mudik singgah di sana. “ ungkapnya.

“Menurut  Hamdan dengan perkembangan dan banyaknya pengunjung di kawasan ini maka  membuat Pemerintah Kabupaten  Tapin ingin menjadikan beberapa lokasi ini dapat dijadikan sebagai kawasan wisata baru, “ katanya belum lama tadi di Rantau.

“ Sementara itu kawasan ini  akan dibenahi dan di percantik agar lebih menarik sehingga menarik minat bagi warga masyarakat yang datang untuk bersantai bersama nggota keluarganya.” Tandasnya.

Sementara itu Bupati Tapin Drs. HM Arifin Arpan,MM pada kesempatan lain  mengatakan, bahwa setelah  melihat kawasan hutan kota Rantau, Ruang Terbuka Hijau (RTH) Rantau Baru, RTH eks pasar Rantau memiliki beberapa potensi yang dapat  kembangkan untuk dijadikan kawasan wisata di daerah ini.

“ Dalam waktu tidak berapa lama lagi di sebelah Kawasan Rantau Baru akan di bangun Water Park sehingga dikawasan tersebut akan lebih banyak orang berkunjung.” Ungkap bupati Tapin saat meninjau kawasan hutan kota dan Rantau Baru belum lama tadi.

Menurut bupati Tapin,  untuk kawasan Hutan kota, Rantau Baru,  RTH semua pohon-pohon yang ditanam sudah mulai tumbuh besar dan lebih di perrcantik lagi, bisa dengan di cat, memangkas batang pohon dengan berbagai pola yang nampak mempercantik kawasan dan agar membuat para pengunjung menjadi nyaman.

“Untuk kawasan RTH Rantau Baru akan kita tanam beberapa jenis pohon didepan panggung agar menjadi lebih rindang,” ucap HM.  Arifin Arpan yang akan mencalon kembali sebagai bupati Tapi periode 2018-2023.

“Kedepannya akan kita realisasikan pada tahun anggaran 2018 mendatang, untuk dianggarkan pada APBD tahun 2018 dan dapat dilakukan  pembenahan-pembenahan di kawasan tersebut yang masih kurang.” Pungkas bupati Tapin. (ari/K-6)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.