• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Tapin Terima Piala Adipura

PIALA ADIPURA - Diserahkan Wapres RI HM Jusuf Kalla di Kabupaten Siak Provinsi Riau dan diterima oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan. (KP/H Baseri)
PIALA ADIPURA – Diserahkan Wapres RI HM Jusuf Kalla di Kabupaten Siak Provinsi Riau dan diterima oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan. (KP/H Baseri)

Rantau, KP – Kabupaten Tapin tahun 2016 terima anugerah piala Adipura, piala Adipura ini diterima langsung oleh bupati Tapin Drs. HM Arifin Arpan MM belum lama tadi di kabupaten Siak provinsi Riau.
Setelah sekian lama untuk pendapatkan anugerah Adipura,  kini terwujud dan berhasil diraih daerah ini, walaupun dalam dua tahun belakangan hanya mendapatkan sertifikat saja.

Bupati Tapin HM. Arifin Arpan langsung menerima  piala  Adipura Buana  sebagai  kota  kecil terbesih  pada acara  Peringatan Hari Lingkungan Hidup  se Dunia 2016 atau world Environment Day (WED)  2016.  Penghargaan bergengsi ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia  HM. Yusuf Kalla di halaman Istana Siak Sri Inderapura, Kabupaten Siak  Provinsi Riau.

Kabag Humas Pemkab Tapin Syafruddin mengungkapkan  bahwa pada saat penyerahan tersebut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH)  RI  Siti Nurbaya mengatakan bahwa diserahkan Adipura Buana ini  sebagai  wujud kepedulian Pemerintah Daerah dalam   menggabungkan  unsur sosial dengan lingkungan, untuk membentuk atau mewujudkan  kota layak huni yang tercermin dari masyarakat kota yang peduli lingkungan.

“Pemerintah Pusat  memberikan penghargaan berupa Anugerah Adipura untuk 31 kepada  Kepala Daerah Provinsi/ Kabupaten/ kota se Indonesia dalam beberapa katagori Kota besar Sedang dan kecil berupra Adipura Buana, Adipura Kirana, Adipura Karya, Adipura Bhakti dan Adipura Paripurna” Ungkap Siti Nurbaya.

Sementara itu Bupati Tapin Drs HM Arifin Arpan, MM  sebagai Kepala Daerah  Kabupaten Tapin merupakan salah satu dari 31 Kabupaten/ kota Se Indonesia yang meraih penghargaan Anugerah Adipura Buana sebagai katagori kota kecil yang bersih , hijau dan indah dengan memperhatikan penataan lingkungan, sistem pengelolaan sampah terpadu, untuk mendorong terwujudnya kota Rantau yang bersih, hijau dan sehat serta berkelanjutan.

Pada Hari Lingkungan Hidup ini Wakil Presiden RI HM. Jusuf Kalla  langsung  menyerahkan 72 penghargaaan  bidang lingkungan hidup, penghargaan ini  terdiri dari penghargaan Kalpataru sebanyak 10  penerima,  penghargaan Nirwasita Tantra sebanyak 8 penerima,  penghargaan Adiwiyata Mandiri  23 penerima serta penghargaan Adipura  31 penerima.

Wakil Presiden HM. Jusuf Kalla menjelaskan bahwa hari lingkungan hidup di Riau memiliki banyak arti  , dan hal ini menutup lembaran kelam masa lalu. “ Dan mari bersama-sama membenahi lingkungan untuk masa depan anak cucu kita nanti. Karena lingkungan adalah anugerah , jika salah kelola secara serakah akan menjadi musibah.” Ungkapnya.

Bupati Tapin  Drs HM Arifin Arpan, MM  usai menerima penghargaan tersebut  mengatakan bahwa  Penganugerahan Penghargaan Adipura Buana merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi semua masyarakat Kabupaten Tapin,  karena hampir  Puluhan tahun mendambakan penghargaan bergengsi  dalam bidang penataan lingkungan ini.

“Dan saya berharap ini merupakan pemicu atau penambah semangat bagi seluruh Jajaran Pemerintah Kabupaten Tapin bersama petugas  dilapangan untuk dapat mempertahankan serta meningkatkan kebersihan lingkungan, penghijauan dan keindahan  serta penataan kota  di bumi ruhui rahayu , sehingga  diharapkan Adipura Buana ini dapat dipertahankan ke depannya” ujar H Arifin Arpan.

Dalam kesempatan itu bupati  juga mengajak seluruh  lapisan  masyarakat untuk selalu berperan aktif dan peduli terhadap kebersihan lingkungan dan penghijauan, serta meningkatkan peran adiwiyata ke sekolah dari tingkat SD sampai SLTA di Kabupaten Tapin,  sehingga menjadi Adiwiyata Mandiri ditahun mendatang.

Selain itu HM.  Arifin Arpan  mengharapkan  adanya peningkatan dalam Pengelolaan persampahan (TPS 3R ),  mengembangkan  peran Bank Sampah serta lebih mengoptimalkan Pemprosesan Akhir Sampah  (TPA ) Tapin  yang dapat menghasilkan gas metan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar gas untuk kebutuhan rumah tangga. (ari/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua