• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Telur Ayam Ras Kiloan Naik, Bebek Bertahan

TELUR TERGERAK NAIK – Harga telur ayam ras lokal serta Pulau Jawa kembali tergerak naik dengan terus berkurangnya pasokan setiap pekannya, padahal telur yang satu ini sangat diperlukan warga banua setiap harinya. (KP/Hifni)

BANJARMASIN, KP –Berkurangnya pasokan telur ayam ras lokal dari sentra penghasil membuat harganya naik dalam semingguan ini sebelumnya dijual hanya Rp17,500, per kilo naik menjadi Rp21,000,- per kilonya sedangkan telur bebek bertahan diharga Rp2300,- sampai Rp2500 per butirnya.

Pedagang telur penjual eceran dikawasan Pasar Lama dan agen besar pasar Nagasari Rabu (19/7) hampir semua penjual sepakat menyatakan harga telur ayam ras kembali mulai merangkak naik.

H Basuki penjual telur bebek eceran dan telur ayam ras asal Pulau Jawa di Pasar Nagasari menyatakan, akibat pasokan telur mulai terganggu harga telur mulai merangkak naik seperti telur ayam ras kiloan lokal dan Jawa dijual sampai Rp21000,- per kilonya padahal sebelumnya hanya Rp17,000,- hingga Rp17500,- per kilo.

Sedangkan untuk pasokan telur ayam ras lokalan dipasok dari Bati-Bati Tanah Laut serta Liang Anggang karena disini lebih banyak peternak yang memasok ke Banjarmasin dan Kalteng yang juga banyak melakukan permintaan.

Ditambahkan bapak 1 anak ini, biasanya permintaan telur ayam ras akan tinggi diwilayah Kalteng dan sekitarnya maka para peternak dan distributor besar akan memasok kesana lebih banyak karena harga jual yang cukup bagus sedangkan ke daerah sendiri hanya sisanya.

Meskipun harga telur ras Jawa serta lokalan mulai naik namun penjualan masih berjalan normal, namun jika pasokan terus berkurang beberapa minggu kedepan ini maka kenaikan harga telur Jawa ini tidak akan terhindarkan lagi kembali melambung lagi.

Dikatakan Ady penjual agen telur dikawasan Pasar Sentra Antasari, telur ayam ras lokal dan telur Jawa mulai mengalami kenaikan akibat pasokan telur Pulau Jawa dan lokal yang mulai berkurang dalam beberapa minggu ini.

Para penjual telur masih mengandalkan pasokan asal Pulau Jawa baik telur bebek tambak dan ayam ras kiloan stok lama maka jika sedikit saja pasokan terganggu maka harga tergiring naik seperti minggu ini.

“ Kita masih belum mampu mengandalkan pasokan telur ayam ras lokal dan telur bebek tambak lokalan sehingga telur Jawa masih sangat dominan diperlukan para pedagang eceran, partai dan distributor,” tegasnya.

Dua pekan ini permintaan yang paling dominan dari ibu rumah tangga, para penjual makanan serta para penjual kue yang paling banyak melakukan pembelian hingga mencapai 10 ikat per harinya.

Olpah penjual telur eceran dikawasan Sultan Adam menjelaskan, beberapa minggu ini memang ada kenaikan harga telur bebek dan ayam ras kenaikan ini dimulai sejak dari distributor besar sehingga pihaknya hanya menyesuaikan.

Dengan naiknya harga telur ayam ras dan bebek beberapa hari ini membuat penjualan mengalami ada penurunan ditingkat eceran tambak dijual Rp2500,- perbiji sedangkan ayam ras ukuran besar Rp1500,- per bijinya ukuran sedang. (hif/K-7)

 

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua