• Hari ini : Jumat, 19 Oktober 2018

Terlihat Hilal 95 Titik di Seluruh Indonesia 

Banjarmasin, KP – Menentukan 1 Ramadhan 1439 Hijriah, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan bersama tim rukyatul hilal mengamati hilal di atas Gedung Bank Kalsel, Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, Selasa (15/5).

“Tim hilal kita hari ini melakukan pemantauan, hasilnya nanti akan kami laporkan kepada Menteri Agama, sebagai bahan masukan pertimbangan dalam sidang Isbat,’’ jelas Kepala Kemenag Kalsel, Noor Fahmi kepada awak media.

Hanya saja, hingga setelah matahari terbenam pada pukul 18.17 WITA, dalam pengamatan tim tidak melihat tanda-tanda hilal.

Menurut Famhi, tim hanya melihat segumpalan awan.

“Faktor cuaca yang mendung mempengaruhi munculnya hilal. Sore ini tertutup awan.
Namun, yang pasti hasilnya tetap akan kami sampaikan kepada Menteri Agama,’’ jelasnya.

Kemenag Kalsel juga melakukan pemantauan hilal di 3 lokasi berbeda selain di Banjarmasin, yakni Sungai Buluh di Hulu Sungai Tengah, Gunung Kayangan di Tanah Laut dan kota Pagatan di Tanah Bumbu.

Sementara berdasarkan hasil sidang isbath yang digelar di Kantor Kementerian Agama RI, kemarin, 1 Ramadhan 1439 ditetapkan jatuh pada hari Kamis (17/5).

Demikian disampaikan Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin.

“Malam hari ini tanggal 30 Sya’ban, dengan demikian maka 1 Ramadhan 1439 Hijriah jatuh pada hari Kamis 17 Mei 2018,’’ kata Lukman Hakim.

Lukman menjelaskan, keputusan tersebut diambil berdasarkan kesimpulan karena belum terlihatnya hilal di seluruh 95 titik rukyatul hilal yang dilakukan di seluruh Indonesia.

“Kami menerima 32 laporan kesaksian pelaku rukyatul hilal dan tidak satupun yang berhasil melihat hilal,’’ ujarnya.

Ditambah lagi, berdasarkan pengamatan tersebut hilal masih berada di bawah ufuk sehingga hari ini belum memasuki bulan Ramadhan.

Lukman mengungkapkan, posisi hilal di seluruh indonesia masih di bawah ufuk yaitu berkisar -1 derajat 36 menit sampai 0 derajat 2 menit.

“Jadi posisi hilal dibawah ufuk,’’ ujarnya.(opq/net/k-2).

Tag:,
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua