• Hari ini : Sabtu, 21 Juli 2018

Thamrin Ingin Cepat ‘Tanggalkan’ Jabatan Penjabat Walikota

BANJARMASIN, KP – Penjabat Walikota Drs HM Thamrin MSi ingin buru-buru tinggalkan Pemko Banjarmasin. Alasannya, walikota terpilih Ibnu Sina dan wakil walikota Hermansyah yang menjadi pilihan rakyat sudah ada, sehingga sebagai penjabat walikota yang ditunjuk pemerintah ingin cepat melepas jabatan yang di embannya.

“Sesuai amanah UU yang mempercayakan dirinya untuk menjabat walikota Banjarmasin ini untuk mengantarkan pemilihan walikota dan sekarang amanah tersebut sudah terlaksana sehingga buat apa lama-lama,’’ ungkap Penjabat Walikota Drs HM Thamrin kepada wartawan, usai Shalat Dhuhur berjamaah, Rabu (13/1).

Bahkan, ujar Kepala BKD Kalsel ini, idealnya pelantikan dilakukan dengan cepat. Karena saat ini sudah tak ada masalah di KPU dan semua sudah diserahkan ke DPRD Kota Banjarmasin, sehingga saat ini tinggal kapan penjadwalan sidang paripura pengesahan walikota terpilih bukan seperti proses era zaman sebelumnya.

“Kalau sebelumnya jika sudah ada SK tinggal pengusulan aja dan sekarang harus disyahkan terlebih dahulu oleh DPRD Kota Banjarmasin dan sekarang ini bola ada di DPRD Kota untuk melakukan pengesahan walikota terpilih dan jika sudah disyahkan tinggal di bawa ke Jakarta untuk dimintakan pengesahan SKnya,’’ ungkap Thamrin yang menjelaskan aturan baru walikota terpilih sebelum berkasnya dibawa ke Jakarta harus terlebih dahulu dilakukan pengesahan.

Thamrin juga mengatakan, memang dari tembusan yang dikirim ke Pemerintah Kota, rencana paripura walikota dan wakil walikota terpilih akan diselenggarakan 18 Januari, sehingga setelah itu barulah berkas dibawa ke Jakarta kemudian barulah dilakukan koordinasi untuk penjadwalan pelantikan walikota terpilih Banjarmasin.

“Bagi kami kapanpun akan dilakukan pelantikan tidak ada masalah karena saat ini amanah masyarakat untuk mendudukan jabatan walikota dan wakilnya harus dilakukan dengan cepat jika memang sudah lengkap dan bisa dijadwalkan,’’ ungkap Penjabat Walikota Thamrin ini.

Ia sendiri tidak masalah, semakin cepat malah baik karena ini sudah memasuki tahun anggaran baru sehingga akan lebih tepat pelaksana pembangunan yang menjalankan roda pemerintahan adalah walikota dan wakilnya yang mendapatkan amanah masyarakat, karena jika lambat yang dirugikan juga masyarakat kota Banjarmasin.

“Terus terang kami hanyalah mengantarkan pemilihan dan sekarang memang tugas kami sudah selesai sehingga tinggal menunggu kapan jadwal pelantikan, mengingat jabatan walikota yang diemban sekarang ini kepercayaan pemerintah provinsi sehingga pihaknya siap menyerahkan kembali,’’ ungkap Thamrin yang akrab dengan wartawan Pemko Banjarmasin ini.

Bahkan, ujar Thamrin, meskipun nantinya sudah kembali ke markas ke Pemerintah Provinsi Kalsel tetapi pihaknya tetap bersedia untuk mendampingi dan memberikan informasi permasalahan apakah itu masalah kepegawaian maupun masalah UU lainnya yang memang sekarang ini sering berubah dan dilakukan terus penyempurnaan, demikian Thamrin. (vin/K-5)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua