• Hari ini : Minggu, 27 Mei 2018
  • 28 C

Tiap Tahun 700 Orang Cari Kerja

Pulang Pisau, KP – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng, Farisco JS Ibat mengungkapkan setiap tahun rata-rata sebanyak 700 pencari kerja (Pencaker) mencari lowongan pekerjaan di daerah setempat.

“Data tersebut angka yang tercatat pada Tahun 2017 lalu, dimana sebanyak 700 Pencaker ini membuat Kartu Kuning atau AK1 di Disnakertrans setempat,’’ kata Farisco di Pulang Pisau, belum lama tadi.

Berdasarkan jumlah pencaker tersebut, Farisco menegaskan agar setiap perusahaan atau perorangan yang membutuhkan tenaga kerja bisa melakukan koordinasi dengan Disnakertrans setempat dalam melakukan perekrutan.

Selain itu setiap perekrutan, bisa disampaikan kepada pihaknya agar Disnakertrans membuat pengumuman yang disampaikan kepada publik yang bisa diketahui juga oleh para Pencaker setempat.

Menurut Farisco, kendala yang dihadapi pihaknya adalah tidak ada sikap koperatif yang dilakukan perusahaan-perusahaan yang ada di daerah setempat dalam perekrutan tenaga kerja.

Padahal, hal tersebut sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1981 tentang Wajib Lapor Ketenagakerjaan di Perusahaan. Diantaranya mewajibkan setiap pengusaha atau pengurus untuk melaporkan secara tertulis setiap mendirikan, menghentikan, menjalankan kembali, memindahkan atau membubarkan perusahaan kepada Menteri atau pejabat yang berwenang.

Pada awal tahun 2018 ini, terang Farisco, permintaan Kartu Kuning atau AK1 masih belum mencapai 100 Pencaker.

Ia berharap, perusahaan atau pengusaha bisa menggandeng Disnakertrans dalam merekrut tenaga kerja, untuk memudahkan Pencaker yang membutuhkan informasi lowongan kerja (Loker).

Menurut Farisco, baru PT Naga Buana Aneka Piranti yang menyampaikan bahwa perusahaan tersebut membutuhkan 950 tenaga kerja yang terbagi atas 925 tenaga operasional dan 25 lain yang dibutuhkan untuk menjadi tenaga administrasi di perusahaan tersebut. (net)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua