• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Tiga Koperasi Diusulkan Salurkan KUR

TERBANTU KUR - UMKM banua kembali akan terbantu dengan kembali ditunjuknya koperasi untuk menyalurkan KUR tahun 2017 ini selain perbankkan nasional seperti bank BRI. (KP/Hifni)
TERBANTU KUR – UMKM banua kembali akan terbantu dengan kembali ditunjuknya koperasi untuk menyalurkan KUR tahun 2017 ini selain perbankkan nasional seperti bank BRI. (KP/Hifni)

BANJARMASIN, KP – Ditengah tumbuh dan mati surinya pertumbuhan sejumlah koperasi banua, tahun 2016 Dinas Koperasi dan UKM Kalsel mengusulkan kepada Kementerian Koperasi dan UKM Pusat agar sebanyak tiga koperasi banua yang sudah dianggap layak untuk menyalurkan KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Braman Setyo Deputy Pembiayaan Kemenkop UKM ketika dikonfirmasi wartawan, Sernin (5.12), membenarkan jika Diskop UKM Kalsel telah mengajukan tiga KSP (Koperasi Simpan Pinjam) untuk menyalurkan KUR pengajuan sudah siterima dan akan proses dan analisa.

Dikatakan Bram sapaan akrabnya, persyaratannya untuk menyalurkan KUR tersebut diantaranya harus memiliki rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) dibawah 5 persen ini termasuk syarat utamanya, selain itu koperasi juga harus memiliki sistem online yang terintegrasi dengan sistem di Kementerian Keuangan dan Lembaga Penjamin lainya.

“ Untuk sementara pada tahap awal satu provinsi satu koperasi yang ditunjuk dulu, namun jika tiga koperasi yang diusulkan itu lolos semua tentu akan lebih baik lagi untuk banua ini dalam menyalurkan KURnya,” jelas Bram.

Bahkan draf revisi Permenko sudah selesai sehingga diharapkan pekan depan sudah terbit dimana koperasi penyalur KUR juga diwajibkan membangun sistem online dengan sistem informasi kredit program (SIKP) dan sistem onlinenya dengan perusahaan penjamin seperti Jamkrindo, Jamkrida hingga Askrindo yang ada di kota masing-masing.

Sementara, Kepala Diskop UKM Kalsel, Drs Bambang Supriadi, kepada wartawan tidak menampik jika pihaknya sudah melakukan permintaan ada 3 koperasi atau KSP agar segera ditunjujk menjadi penyalur KUR 2017 nanti karena koperasi yang tunjuk ini sudah sangat layak menyalurkan KUR.

Saat ini hanya perbankkan nasional milik pemerintah saja yang menyalurkan KUR termasuk Bank Kalsel yang telah ditunjuk juga sebagai penyalur KUR dengan bunga sangat ringan tahun 2017 hanya 7 persen.

“Tiga KSP yang kami usulkan adalah KSP Banua Bauntung dari Tanjung, Koperasi Karya Kasih Kota Banjarmasin serta Koperasi Saijaan asal Kotabaru.

Disebutkan Bambang KSP yang diusulkan ini karena koperasinya sangat aktif, sehat hingga memiliki kecukupan modal dengan koperasi bisa menyalurkan KUR ini tentu bunga pinjaman yang diberikan keanggota tentu nantinya bisa bersaing dengan bunga bank.

“Sementara ini koperasi menyalurkan KUR melalui linkage dengan bank kalau bunganya dari bank sudah tinggi otomatis penyaluran kreditnya keanggaota otomatis bunganya juga lebih tinggi,” tutup Bambang. (hif/K-7)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua