• Hari ini : Selasa, 16 Oktober 2018

Tim Penilai Provinsi Kunjungi Posyandu Desa Hatiwin

Tim penilai Posyandu dari provinsi Kalsel saat melakukan kunjungan kedesa Hatiwin guna melakukan penilaian Posyandu Kembang Sepatu di desa tersebut untul lomba tingkat provinsi. (KP/H Baseri)
Tim penilai Posyandu dari provinsi Kalsel saat melakukan kunjungan kedesa Hatiwin guna melakukan penilaian Posyandu Kembang Sepatu di desa tersebut untul lomba tingkat provinsi. (KP/H Baseri)

Rantau, KP – Tim penilai lomba Posyandu tingkat provinsi Kalimantan selatan (Kalsel) kunjungi Posyandu ‘Kembang Sepatu’ desa Hatiwin kecamatan Tapin Selatan kabupaten Tapin.

Tim penilai Posyandu dari provinsi yang diketuai oleh Ariati Noorjanah bersama sejumlah anggota  tim lainnya yang datang kedesa Hatiwin dalam rangka melakukan penilaian terhadap Posyandu ‘Kembang Sepatu’ desa Hatiwin Sabtu (30/7) lalu disambut langsung oleh ketua TP.PKK kabupaten Tapin Hj. Ratna Ellyani Arifin Arpan SIP dan wakilnya Hj. Nila Diah Purnama Supian Noor beserta pengurus lainnya.
Selain itu juga nampak hadir Sekda Tapin DR H Rahmadi MSi yang mewakili bupati Tapin, kadis Kesehatan Tapin H. ME Martin SKM, serta sejumlah kepala SKPD terkait.

Bupati Tapin yang diwakili Sekda Tapin DR. H. Rahmadi mengatakan bahwa atas nama pemerintah kabupaten Tapin, mengucapkan selamat datang di desa Hatiwin kecamatan Tapin Selatan kabupaten Tapin dan dengan disertai rasa terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada segenap tim penilai, yang berkenan untuk hadir di kabupaten Tapin.

“Kami merasa sangat bangga dan berbahagia, karena pada saat ini mendapat kesempatan untuk menerima kehadiran tim penilai lomba Posyandu tingkat provinsi Kalimantan Selatan di kabupaten Tapin.” Ungkapnya.

“Besar harapan kami kepada tim penilai bahwasanya  disamping melakukan penilaian, tim penilai juga berkenan untuk memberikan saran dan masukan yang berarti bagi peningkatan posyandu dalam pembangunan di kabupaten Tapin.” Tambahnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa pos pelayanan terpadu atau posyandu merupakan salah upaya kesehatan yang bersumberdaya masyarakat, yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat. Keberadaannya sudah tersebar di seluruh desa dan kelurahan yang berfungsi sebagai wadah pemberdayaan masyarakat dan wadah untuk mendekatkan pelayanan kesehatan masyarakat terutama yang berkaitan dengan penurunan kematian ibu, bayi dan balita.

Posyandu di kabupaten Tapin sudah sejak lama ada sejak di era tahun 80 an dan manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat, kegiatan pengembangan di Posyandu saat ini tidak hanya pada kegiatan kesehatan ibu dan anak, gizi atau KB saja, tetapi sudah berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat dan terintegrasi dengan pelayanan lainnya seperti Bina Keluarga Balita (BKB), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Posyandu Lansia, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Pertanian dan lain-lain.

Sedangkan ketua Tim penilai yang diwakili Ariati Noorjanah mengucapkan terimasihnya atas penyambutan yang diberikan oleh pemerintah kabupaten Tapin beserta jajarannya serta ketua dan pengurus TP. PKK kabupaten Tapin, kecamatan hingga PKK desa Hatiwin.

Dalam kesempatan itu ia juga berjanji akan melakukan penilaian dengan sebaik mungkin dan berharap Posyandu ini menjadi yang terbaik dari sejumlah Posyandu yang sudah dilakukan penilaian.

“Pada hari ini adalah yang terakhir tim ini melakukan penilaian dari sejumlah Posyandu yang ada di kabupaten/kota di Kalsel dan hasilnya yang terbaik akan mewakili Posyandu Provinsi untuk tingkat nasional.” Ungkapnya.

Sementara itu pada kesempatan terpisah ketua TP. PKK kabupaten Tapin Hj. Ratna Ellyani Arifin Apan mengucapkan terimakasih dan rasa bangganya terhadap kedatangan tim penilai di desa Hatiwin ini, karena mana Posyandu Kembang Sepatu desa Hatiwin adalah merupakan Posyandu terbaik di kabupaten Tapin dan mewakili daerah ini untuk lomba Posyadu Tingkat provinsi Kalsel.

“Dan saya berharap Posyandu Kembang Sepatu desa Hatiwin ini jadi Posyandu terbaik tingkat provinsi Klasel dan bahkan jadi yang terbaik tingkat  nasional,” pungkasnya.

Dan sebelumnya juga ketua TP. PKK kabupaten Tapin juga mengunjungi desa Lumbu Raya kecamatan Tapin Utara yang mewakili kabupaten Tapin untuk mengetahui langsung persiapan penilaian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang juga akan dilakukan penilaian oleh tim provinsi Kalsel. (ari/K-6)

Tag:
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua