• Hari ini : Selasa, 23 Januari 2018

Tingkatkan Keterampilan Puluhan Narapidana Diberi Pelatihan

PELATIHAN KETRAMPILAN – Diberikan kepada puluhan narapidana di Lapas Maburai Tabalong. (KP/Rosadi)
PELATIHAN KETRAMPILAN – Diberikan kepada puluhan narapidana di Lapas Maburai Tabalong. (KP/Rosadi)

Tanjung, KP – Bertujuan untuk memberikan keterampilan dan kafasitas serta kemandrian, sebanyak 25 orang warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Maburai Kabupaten Tabalong mengikuti ikuti latihan pertukangan kayu di Aula Lapas Maburai, belum lama tadi di Maburai Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong.

Hal tersebut dikatakan Kepala Lapas Maburai Kabupaten Tabalong Teguh Suroso saat membacakan laporan kegiatan pelatihan pertukangan kayu di Aula Lapas Maburai hari itu.

Selain itu, menurut Soroso, kegiatan tersebut bertujuan untuk mendukung program pemerintah sebagai upaya mengurangi pengangguran dan menjalin hubungan lintas sektoral agar dapat berperan dalam membina menyelenggarakan atau membantu dalam kegiatan di masyarakat.

“Kegiatan pelatihan berlangsung selama 15 hari, dari tanggal 6 september sampai dengan 26 september 2016. Narasumber berasal dari Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kabupaten Tabalong,” ujarnya.

Sementara itu dalam sambutan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tabalong Drs H AM Sangadji M.Si, menyebutkan pelatihan ini sangat berperan penting untuk membina dan memandirikan narapidana. “Apabila keluar dari lapas narapidana sudah mempunyai keahlian yakni dalam pertukangan kayu,”pungkasnya.

“Selain itu, melalui kagiatan ini narapidana yang telah selesai mengikuti proses pembinaan tidak menambah pengangguran baru di masyarakat khusunya di Kabupaten Tabalong,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sekda tabalong ini menambahkan pertukangan kayu  memiliki cabang yang sangat luas. Bukan saja untuk kelengkapan membangun rumah, gedung dan lain lain yang justru akhir akhir ini sebagian malah sudah bergeser ke pemanfaatan baja ringan untuk kostruksi rangka atap.

“Intinya, kayu bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, dan itu sangat bergantung pada kreativitas dan daya seni penggunanya,” demikian pungkas HAM Sangadji. (ros/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua