• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Jamaah Haji Kotabaru

JEMAAH HAJI INDONEISA. (KP/Net)
JEMAAH HAJI INDONEISA. (KP/Net)

Kotabaru, KP – “Upaya meningkatkan kualitas pelayanan Jamaah Calon Haji Kabupaten Kotabaru Tahun 2016, perlu disiapkan secara dini dan matang pemberangkatannya, baik aspek perencanaan maupun pelaksanaannya,’’.

Demikian disampaikan H. Akhmad Rivai, Plt Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Setda Kotabaru ketika memberikan arahan dihadapan Rapat Panitia Penyelenggara Haji Daerah (PPHD) Kabupaten Kotabaru Tahun 2016 di Kotabaru pecan kemarin.

Rapat yang dipimpinKetua PPHD, dijabat oleh Kepala Kantor Kemenag Kotabaru, menginformasikan bahwa Jamaah Calon Haji Kabupaten Kotabaru yang diberangkatkan pada tahun 2016 sebanyak 130 orang terdiri dari Kloter 6 sebanyak 119 orang, yang tergabung dengan Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Banjar, dimana keberangkatannya dari Banjarmasin menuju Madinah pada tanggal 14 Agustus 2016 malam hari, sedangkan sebanyak 11 orang tergabung dalam Kloter 10 dengan Kabupaten Tapin dan Prov.Kalimantan Tengah diberangkatkan pada tanggal 18 Agustus 2016 malam hari.

Materi rapat yang dibahas, diantaranya rencana jadwal waktu keberangkatan dari pelepasan Jamaah Calon Haji oleh Bupati Kotabaru, rencananya di Masjid Agung Khusnul Khatimah( seperti tahun-tahun sebelumnya), pada tanggal 13 Agustus 2016 pagi hari menuju Asrama Haji di Banjarbaru pada malam hari dengan kesiapan transportasi Bus berpasilitas AC sebanyak 6 unit, mobil pengawalan dari Polantas, Dishub, Satpol PP dan Ambulance. Tempat peristirahatan di perjalanan sebanyak 2 kali, yakni di Sekapuk dan Liang Anggang/Landasan Ulin, untuk melaksanakan sholat berjamaah dan makan bersama serta sebagai titik lokasi berkumpul bagi Jamaah Calon Haji yang keberangkatannya menggunakan mobil sendiri untuk bergabung masuk dalam Bus ketika memasuki Asrama Haji.

Di sampingitu, dibahas terkait bagasi Jamaah Calon Haji, akan diberangkatkan sehari sebelum keberangkatan calon Hajinya oleh Panitia, pengadaan konsumsi, atau makanan yang aman dan sehat, serta kesiapan kesehatan Jamaah Calon Haji, akan diperiksa oleh Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru.

Disampaikan oleh Rivai bahwa ia mengharapkan untuk kelancaran angkutan khususnya angkutan ferry Tanjung Serdang menuju Batulicin, diminta Dinas Perhubungan berkoordinasi dengan ASDF sehingga para jamaah tidak kelelahan akibat kelamaan di kapal ferry.

“Demikian pula penyelenggaraan pemberangkatan pada tahun sebelumnya segera dievaluasi permasalahan yang dihadapi, sehingga pada tahun 2016 sekarang ini, tidak ada lagi muncul persoalan yang sama dengan sebelumnya, bahkan justeru lebih disempurnakan pelayanannya, pungkas Rivai. (and/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua