• Hari ini : Minggu, 25 Februari 2018

Tingkatkan Partisipasi Pemilih KPU Gelar Gerak Jalan Sehat

Pulang Pisau, KP – Beginilah cara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulang Pisau meningkatkan partisipasi pemilih dalam rangka penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Kabupaten Pulang Pisau yang akan digelar tanggal 27 Juni 2018 mendatang, dengan menggelar Gerak Jalan Sadar Pemilih Serentak 2018.

Ketua KPU Kabupaten Pulang Pisau H Untung Surapati saat membacakan sambutan Ketua KPU RI mengatakan, pemilihan gubenur dan wakil gubenur, bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota secara langsung merupakan perwujudan demokrasi ditingkat lokal.

Ruang kontestasi dan partisipasi politik dibuka seluas-luasnya dengan harapan terpilihnya pemimpin daerah yang memiliki kopetensi, kapabilitas, itregritas dan eksebelitas.

“Era otonomi daerah membutuhkan pemimpin yang tidak saja memiliki kreativitas dan inovasi dalam membangun daerah, tetapi juga mendapat kepercayaan dan dukungan dari rakyatnya,’’ kata H. Untung menjelaskan.

Dia juga menjelaskan, pemilihan serentak 2018 merupakan pemilihan serentak gelombang ke-3 setelah dimulainya pemilihan serentak pada tahun 2015. Terdapat 171 daerah yang akan mengikuti pemilihan serentak pada tahun 2018, terdiri dari 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten.

Karena penyelenggeraan pemilihan serentak 2018 deririsan dengan pemilu serentak 2019 kata Untung, maka tak dapat dipungkiri, suhu politik akan lebih hangat dibanding pemilihan serentak pada tahun 2015 dan 2017.

“Karena itupenyelenggaraan pemilu di semua tingkatan harus menggelola semua tahapan secara profesional dan berintregritas dan berikan pelayanan yang adil dan setara kepada semua peserta pemilihan,’’ ujarnya.

Di samping melayani peserta pemilihan lanjutnya, tugas penting dan paling fundamental dari penyelenggaraan pemilu adalah melayani pemilih agar mereka dapat menunaikan hak konstitusional secara rasional, cerdas, mandiri dan penuh tanggung jawab.

Pastikan pemilih yang sudah memiliki KTP elekteonik tercatat dalam daftar pemilih sementara (DPS) san daftar pemilih tetap (DPT).

Ingat lanjut Untung, pemilihan serentak merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat di tingkat propinsi dan kabupaten/kota.

“Jangan sampai kedaulatan rakyat dalam menyeleksi pemimpinnya terdistorasi dan terciderai oleh aspek-aspek prosedural dan teknis yang tidak terkelola secara propfesional dan bertanggungjawab,’’ tandasnya. (sgt/K-8)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua