• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Tingkatkan Peduli PNS pada Kerugian Negara

hal-14-foto-3-2-klm-tinggi-7-cmn-jpg

Martapura, KP – Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banjar menggelar Sosialisasi Peraturan dan Perundang–undangan tentang Kerugian Negara yang tercantum dalam PP 38/2016 tentang Tata Cara Tuntutan Ganti Kerugian Negara/Daerah, Rabu (23/11), di Hotel Aston Gambut.

Sosialisasi dibuka Sekdakab Ir Nasrunsyah ini diikuti PNS yang memiliki tanggung jawab sebagai Pengguna Anggaran (PA), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Bendahara SKPD.

Didampingi Kepala BPKAD Ibrahim G Intan, Nasrun mengatakan, sosialisasi ini perlu diikuti, karena menyangkut ganti rugi dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebagai narasumber banyak memberikan masukan kepada kita.

“Tanyakanlah kepada narasumber tentang tata cara menghitung kerugian negara,’’ pinta Sekdakab.

Sosialisasi ini, selain menghadirkan BPKP Kalsel, juga mendatangkan narasumber dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unlam Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dan Kantor Perbendaharaan Negara (KPN) Banjarmasin.

Narasumber dari BPKP Kalsel menjelaskan tentang tujuan penghitungan kerugian keuangan negara, yakni guna menentukan besarnya uang pengganti/tuntutan ganti rugi pada pihak terbukti bersalah.

Juga sebagai acuan bagi jaksa dalam melakukan penuntutan dan bagi hakim sebagai bahan pertimbangan menetapkan keputusan. Kemudian dalam kasus perdata sebagai bahan penuntutan sesuai ketentuan berlaku. (wan/K-5)

Tag:,
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua