• Hari ini : Senin, 19 Februari 2018

Torseni Digelar di HSS

PESERTA TORSENI. (KP/Norda Simah )

Kandangan, KP – Menggalang rasa persahabatan dan persaudaraan diantara sesama penyuluh pertanian, Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) Kabupaten Hulu Sungai Selatan menggelar Torseni (Temu Olahraga dan Seni) yang ke-4 Tahun 2017.

Balai Penyuluhan Pertanian(BPP) Kec. Angkinang. Torseni yang digelar perhiptani diapresiasi langsung oleh Bupati Drs H Achmad Fikry,MAP yang mana menurut Achmad Fikry kegiatan ini menjadi media untuk merekatkan para penyuluh pertanian di Kabupaten  Hulu Sungai Selatan.

“melalui kegiatan ini  juga semangat untuk mengawal petani terus ditingkatkan,” harap bupati Fikry.

Bupati H Achmad Fikry juga mengatakan telah merubah, mencoba dan menerapkan mindset atau pola pikir terhadap para petani demi mewujudkan kesejahteraan petani di Kabupaten HSS. salah satu contoh yang bisa kita lakukan adalah jangan tawar menawar terhadap harga hasil pruduksi petani. Misalnya saja di supermarket kita bisa untuk tidak tawar menawar.

” masa untuk petani yang jual 1 ikat kangkung seribu kita harus  menawar” ujar Bupati seraya mengatakan Ini adalah problem yang harus kita selesaikan agar kita bisa mengangkat harkat dan martabat petani.

Banyak tantangan yang dihadapi, disatu sisi pemerintah mendorong untuk meningkatkan produktifitas dengan memberikan alsintan. Mulai dari pengolahan, penanaman hingga pemanenan, sekarang dengan mekanisasi pertanian.

Disisi lain ternyata membuka ruang terjadinya pengangguran baru karena buruh tergantikan oleh mesin. ”  sepanjang mekanisasinya bisa meningkatkan pruduktifitas petani tidak menjadi masalah dan untuk masyarakat lain yang belum bekerja akan ditampung ditempat yang lain,” kata Fikry.

Pada kesempatan tersebut Bupati H Achmad Fikry juga menyerahkan bingkisan kepada tiga orang penyuluh pertanian yang telah purna tugas. Bupati Fikry juga memulai sevies/memukul bola pertama pertandingan tenis meja.

Sementara itu panitia pelaksana Agus, Torseni Perhiptani ini dimulai dari tanggal 27 sampai 29 Oktober dan diikuti oleh 11 BPP se Kab. HSS, ditambah dengan Kelompok Tani yang ada di Kab. HSS. Adapun jenis olahraga yang dipertandingkan adalah tenis meja, catur, tarik tambang, bakiak/ dayung darat dan adu ketangkasan mengoperasionalkan hand traktor khusus untuk kelompok tani. Sedangkan untuk seni meliputi lomba menyanyi, bakisah lucu/ stand uf comedy penyuluhan dab asah terampil bagi kelompok tani.

Masih menurut Agus, Torseni ini merupakan wujud partisipasi aktif Perhiptani Kabupaten HSS dalam pembangunan dengan cara mengadakan alternative kegiatan yang dapat menumbuhkan dan meningkatkan aktifitas kerja. Juga untuk menggalang rasa persahabatan dan persaudaraan diantara sesama penyuluh pertanian, kelompok tani serta instansi terkait se-Kabupaten HSS. Torseni ini juga diharapkan menjadi ajang tukar menukar pengalaman dan informasi yang berhubungan dengan pekerjaan dibidang penyuluhan pertanian.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Kab. HSS Syamsuri Arsyad, Ketua Perhiptani Kabupatrn HSS Budi Sucipto, Kapala SKPD terkait, Camat Angkinang Dian Marliana, SSTP, M.Si bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Angkinang. (noi/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua