• Hari ini : Selasa, 17 Juli 2018

Tradisi Makan Batalam Maulidul Rasul Digelar

Foto Ilustrasi. (net)
Foto Ilustrasi. (net)

Tanjung, KP – Seperti tahun sebelumnya, makan batalam yang dilaksanakan saat tiba datang bulan Rabiulawwal, tradisi unik makan batalam kembali digelar oleh masyarakat Desa Hapalah Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong, belum lama tadi di Tanjung.

Karena unik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong melalui Dinas Sosial Kebudayaan dan Pariwisata (Dinsosbudpar) setiap tahunnya selalu menyisihkan anggaran khusus bagi lancarnya momen tersebut, yang diharapkan dapat menjadi salah satu daya tarik wisata tersendiri di Kabupaten Tabalong.

Acara Makan Batalam tersebut melibatkan sedikitnya 4 desa yang berdekatan kali ini dihadiri oleh Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, bersama istri  dan sejumlah pejabat penting lainnya di Kabupaten Tabalong.

Pada kesempatan tersebut, Bupati H Anang Syakhfiani mengatakan rasa syukur dan apresiasi kepada warga Desa Hapalah, Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong yang telah mergotong royong dalam pelaksanaan Makan Batalam ini.

“Semoga kegiatan tahunan ini bisa kita laksanakan lebih antusias lagi dari warga dan bisa memberikan efek positif bagi warga Banua Lawas,” harap Anang.

Berdasarkan informasi di lapangan dalam tradisi ini, makanan disiapkan oleh masing-masing warga dengan bahan makanan utamanya biasanya adalah bebek atau ayam, sementara yang membedakan hanya cara memasak serta makanan penutupnya.

Seluruh makanan dalam porsi besar tersebut kemudian ditempatkan dalam sebuah wadah yang besar, bisa berupa talam, nyiru (tampah.red) ataupun tempat lainnya yang disajikan untuk dimakan secara bersama-sama oleh minimal empat orang. (ros/hms/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua