• Hari ini : Minggu, 21 Januari 2018

Transaksi Katingan Expo Capai Rp1 Miliar

Bupati H Ahmad Yantenglie mengundi nomor undian nasabah baru Bank Pembangunan Kalteng Cabang Kasongan yang beruntung saat acara penutupan Katingan Expo tahun 2016, Rabu (17/8).malam.
Bupati H Ahmad Yantenglie mengundi nomor undian nasabah baru Bank Pembangunan Kalteng Cabang Kasongan yang beruntung saat acara penutupan Katingan Expo tahun 2016, Rabu (17/8).malam.

Kasongan, KP – Tepat sepekan dilaksanakan, nilai transaksi pada pameran pembangunan Katingan Expo tahun 2016 mencapai Rp1 miliar. Hal itu mengindisikan bahwa perputaran uang dan daya beli masyarakat katingan selama kegiatan berlangsung cukup besar.

Dihadapan belasan ribu pengunjung, Bupati Yantenglie mensisipkan pesan kepada masyarakatnya untuk selalu mengisi kemerdekaan Indonesia dengan hal-hal positif.

“Saya mengajak kita semua untuk mendalami motto penyang hinje simpei, yang dimaknai sebagai ikatan persatuan, kesatuan dan kebersamaan yang kuat baik antara pemerintah dan masyatakat dalam membangun katingan,’’ sebutnya saat menutup Katingan Expo 2016 di lapangan Sport Center Kasongan, Rabu (17/8) malam.

Sementara itu, Ketua Panitia Katingan Expo tahun 2016, Suhaemi melaporkan jika selama kegiatan pameran pembangunan, Festival Budaya Penyang Hinje Simpei, Festival Band Competition hingga Lomba nyanyi dangdut antar instansi dilingkup Pemkab Katingan berlangsung aman dan lancar.

Bahkan, sambungnya, pada Katingan expo kali ini mencetak nilai transaksi mencapai Rp1 miliar.

Pencapaian itu merupakan akumulasi dari 31 stan pemerintah daerah, tiga stan organisasi  wanita, serta ratusan lapak jualan pedagang lokal dan luar daerah selama sepekan.

Disaat yang sama, Suhaemi juga melaporkan juara dari semua kategori lomba Festival Budaya Penyang Hinje Simpei tahun 2016, seperti lomba karungut, tarian daerah, mangaruhi, manyipet, lomba pencak silat laqang sekepeng dan besei kambe.

Untuk lomba karungut kategori putra dimenangkan oleh Kecamatan Kamipang, Katingan Hilir dan disusul Pulau Malan. Lomba karungut putri dimenangkan Kecamatan Tasik Payawan, Katingan Hilir dan Katingan Tengah.

Sedangkan pada lomba tarian daerah direbut Kecamatan Katingan Hilir, Mendawai dan Katingan Kuala. Selanjutnya juara pertama pada lomba mangaruhi putra diboyong Kecamatan Petak Malai, Bukit Raya dan Katingan Hilir. Lomba mangaruhi putri direngkuh Kecamatan Mendawai, Pulau Malan dan Katingan Tengah.

Sementara itu, pada lomba manyipet atau menyumpit dimenangi Kecamatan Katingan Hilir, Marikit dan Petak Malai.

Kemudian lomba pecak silat lawang sakepeng digasak Kecamatan Katingan Hilir, Petak Malai dan Kamipang. Kategori lomba besei kambe putra dimenangkan Kecamatan Tasik Payawan, Marikit dan Pulau Malan. Sedangkan di kelas putri dimenangi Kecamatan Katingan Hilir, Kamipang dan Tasik Payawan.

“Khusus untuk lomba nyanyi dangdut antar instansi dilingkup Pemkab Katingan juara satu diraih Dinas Pendidikan atas nama Rudi Harianto, diausul Harianto asal Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), dan disusul Nova dari Bank Pembangunan Kalteng cabang kasongan,’’ pungkasnya. (Isn/K-8)

Tag:,
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua