• Hari ini : Minggu, 21 Januari 2018

Truk Pembawa Kayu Ulin Tak Berdokumen Ditangkap

10-4-klm-75-cm-kayu

Paringin, KP – Jajaran Polsek Batu Mandi, tangkap dan amankan mobil truk dengan nomor polisi DA 1223 HB  bermuatan kayu jenis Ulin, saat melintas di Desa Teluk Masjid kecamatan Batu Mandi, Senin lalu (21/11) sekitar pukul 11.00 WITA.

“Setelah diperiksa ternyata Truck itu bermuatan kayu ulin dan dengan dokumen yang tidak sah berdasarkan hukum,’’ kata Plt Kasat Reskrim, AKP Dany Sulistiono, SSos, Rabu (23/11).

Disampaikan, truk membawa kayu ulin yang dilindungi inidari dari Kalimantan timur dengan tujuan Kecamatan Bati Bati Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan.

Saat dilakukan pemeriksaan dokumen kayu tersebut dinilai meragukan oleh unit Reskrim Polsek Batu Mandi dan langsung diamankan di Polsek Batu Mandi.

Untuk mengetahui keabsahan dari dokumen kayu ulin tersebut, personil Polsek Batu Mandi dan Sat Reskrim Polres Balangan melakukan pengecekan dokumen yang menyertai ke Balai Pemanfaatan Hutan Produksi di Samarinda dan memeriksa saksi ahli dari Instansi tersebut, ternyata dokumen tersebut tidak berlaku lagi, sehingga dokumen tersebut dianggap tidak sah berdasarkan hukum.

Pelanggaran yang telah dilakukan oleh saudara MI selaku sopir truk angkutan Ulin dan saudara SY yang keduanya adalah warga Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong diancam dengan pasal 83 ayat (1) huruf b dan atau pasal 88 ayat (1) huruf a undang undang Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2013. Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan. (jun/K-4)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua