• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Truk Sabhara Angkut 40 Juta Butir `Pil Jin’

BANJARMASIN – Tiga buah truk Dit Sabhara Polda Kalsel, angkit sekitar 40 hingga 50 juta butir `pil jin’ (Carnophen atau Zenith,red), yang tak lain hasil penggerebekan anggota Subdit 1 Dit Resnarkoba Diback-up anggota Brimob di sebuah gudang di Jalan Cempaka XIII, RT19, Banjarmasin Minggu lalu (30/7) sekitar pukul 23.00 WITA.

Dari kasus itu, Polisi amankan H Jali, salah satu karyawan di B-POM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) Banjarmasin, dan dijadikan tersangka dari pil bernilai taksiran Rp7 M (Miliar) lebih ini.

Atas kasus yang meneret oknum, yang bertugas di bagian Bagian Barang Milik Negara itu, Senin (31/6) Kepala B-POM, Sapari didampingi sejumlah stafnya, berkoodinasi dengan pihak Dit Resnarkoba Polda Kalsel.

“Kita tidak akan melindungi kalau terbukti atau ada pegawai maupun oknum melakukan tindakan pidana,’’ jelas Sapari.

Pihaknya sedang mencoba melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian.“Semuanya kita serahkan kepada kepolisian,’’ ujarnya lagi.

Disinggung romor diluaran mengenai jutaan butir obat tanpa ijin edar yang disita polisi apakah merupakan kumpulan barang sitaan pihak B-POM ?.

Sapari langsung membantahnya dan mengatakan kalau oknum pegawainya bermain sendiri, dan itu diluar pengawasannya.

“Tak ada kaitan dengan barang bukti, dan semua barang itu milik si oknum sendiri,’’ tegas Sapari

Sementara itu Direktur Resnarkoba Polda Kalsel, Kombes Pol Jimmy A Anes, mengatakan terungkap gudang penyimpanan obat-obatan oleh anggota di lapangan dipimpin Kasubdit I, Kompol Ugeng Sudia Permana SH itu merupakan hasil pengembangan dari seorang ditangkapnya seorang pembeli dan penjual Carnophen berinisial B di Komplek Banjar Permai.

“Untuk detailnya jumlah pastinya, besok saja ya (Selasa ini,red), karena akan digelar langsung oleh Kapolda,’’ ujarnya.

Dari keterangan lain, setelah tertangkap B, langsung pengembangan dan kembali dilakukan transaksi dan pelaku B akan mengambil barang dari H Jali di lokasi.

Saat diserahkan barang sebanyak satu koli itulah petugas gabungan langsung menangkapnya hingga menggeledah gudang tersebut, yang ternyata menemukan 250 koli koli berisi `pil jin’ yang juga jenis Tramadol dan Dextro. (K-4)

 

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua