• Hari ini : Selasa, 23 Januari 2018

Umat kaharingan Gelar Festival Tandak Intan

Festival Tandak Intan
Festival Tandak Intan

Palangka Raya, KP – Akhir pekan lalu Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran melakukan kujungan kerja selama sehari untuk meresmikan dan membuka Festival Tandak Intan Kaharingan (FTIK) VIII Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2016 di Stadion Mini Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas.

Kegiatan tersebut merupakan agenda kerohanian umat Hindu Kaharingan ini akan berlangsung hingga Rabu (30/11), diikuti hamper seluruh Kabupaten / Kota se-Kalteng, dan dihadiri sejumlah pejabat pepemrintah daerah baik propinsi maupun Kabupatan dan Kota, terang Karo Humas dan Protokol Sekda Kalteng Dra.Marianita kepada pers, Selasa (29/11).

Acara pembukaan yang ditandai dengan pemukulan katambung tersebut, yang juga dihadiri Direktur Jenderal Agama Hindu Kementerian Agama I Ketut Widnya, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng Agustiar Sabran, Bupati Gumas Arton S.Dohong dan Wakil Bupati Rony Karlos, Bupati Katingan Ahmad Yantenglie, Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng.

Dalam sambutannya, Gubernur mmberikan apresiasi dan menyambut baik terselenggaranya kegiatan tahunan ini yang diharapkan bisa meningkatkan kerukunan umat beragama di wilayah Bumi Tambun Bungai.

“Melalui festival ini, kita tingkatkan kebersamaan dan toleransi,’’ kata Gubernur.

Gubernur juga berharap FTIK dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta mampu
mempertebal keimanan umat Hindu Kaharingan dan agama lainnya.

“Kalimantan Tengah terdiri dari beragam suku, agama dan ras. Semoga kegiatan ini bisa mempertebal iman umat Hindu Kaharingan dan agama lainnya,” imbuhnya.

Pelaksanaan FTIK VIII Kalteng yang diikuti 1062 peserta dari 14 kabupaten/kota se-Kalteng ini diawali dengan gelaran pawai seluruh kontingen/peserta yang dipusatkan di Taman Kota Kuala Kurun, Sabtu (26/11) siang.

Para peserta pawai dilepas langsung oleh Bupati Gumas yang juga sebagai Ketua Panitia FTIK Kalteng tahun ini.

Sejumlah cabang lomba dipertandingkan dalam FTIK tahun ini, seperti Kandayu Perorangan dan Beregu, Pembacaan Kitab Suci Panaturan, Pandehen/Ceramah Agama Hindu Kaharingan, Karungut, Manjawet, tari tradisional serta perlombaan keagamaan lainnya.

Sementara itu Bupati Gunung Mas Drs.Arton S.Dohong mengemukana kegiatan tersebut bertujuan meningakatkan iman dan taqwa umat Kaharingan di Kaltdeng, sekaligus  berguna memperkokoh kebersamaan seluruh elemen masyarakat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sebab di akhir festival, digelar Apel Bhineka Tunggal Ika yang juga bakal digelar secara serentak di seluruh Indonesia. (drt/K-8).

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua