• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Uniska Bangun Kesepakatan Tenaga Pendidik

Dr Kasypul Anwar saat memjelaskan kerja sama Praktik Pengalaman Lapangan antara uniska dan tenaga pendidik sekota banjarmasin.

Banjarmasin, KP – Upaya membangun kesepakatan Universitas Islam Kalimantan (Uniska ) Muhammad Arsyad Albanjari dengan Tenaga Pendidik sekota Banjarmasin mendapatkan apresiasi, Kasubag Kepegawaian Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Hj Rasuna.

Bahkan, tak hanya itu kerjasama yang dilaksanakan dalam acara lokarya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tersebut, diharapkan memudahkan para calon pengajar ke sekolah- sekolah supaya lebih fokus untuk mendidik para siswa dilingkungan nantinya Sabtu, (5/8).

Ditambahkannya , koordinasi yang terjalin diharapkan mampu membawa perubahan dalam dunia pendidkan sehingga generasi penerus bisa lebih cerdas seperti yang diharapkan banggsa ini.

“tentunya kegiatan ini diharapkan membawa perubahan yang positif untuk generasi bangsa’’ katanya.

Wakil Rektor I Dr H Jarwawi dalam kegiatan tersebut mengatakan,PPL suatu mata perkuliahan yang wajib dilaksanakan Mahasiswa, Jurusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dimana prodi didalamnya ( Pendidikkan Bahasa Inggris, Pendidikan Kimia dan Konseling) dengan mutu pencapaian yang bermutu dan berdaya saing.

Ditambahkannya, sebelumnya pengelolaan PPL langsung dibawah Rektorat Universitas , sehingga pelaksanaan kordinasi sering mengalami kesulitan, sehingga pelaksanaannya juga terganggu .

Namun kali ini, pengelolaannya oleh pihak Fakultas agar pelaksanaan PPL benar benar efesien dan efektif dan produktif kembali dalam pencapaian kompentensi pembelajaran yang diharapkan untuk kualitas lulusan.

“Semoga kerjasama ini memberikan manfaat bagi kita semua, ‘’ tambah jarkawi dengan dengan singkat.

Kepala Unit Program Pengalaman Lapangan (UPPL) Universitas Islam Kalimantas ( Uniska) Muhammad arsyad Albanjari Dr. Kasypul Anwar mengatakan, dengan adanya kesepakatan tersebut lebih memudahkan para mahasiswa menyelesaikan tugas akhirnya atau praktik kesekolah-sekolah selain itu pula antara guru dan Universitas saling memberikan masukan sebagai proses pelaksanaan tersebut.

Dijelaskan Kasypul, kerjasama ini nantinya memudahkan mereka melaksanakan tugasnya diperkuliahan untuk praktik lapangan, karena Uniska sudah memiliki kerjasama dengan sejumlah sekolah sekota Banjarmasin.

‘’ jadi mereka bisa diarahkan dengan dosen pembimbing kesekolah mana dalam praktiknya nanti,’’ jelah Kasypul.

Ditambahkannya pula, ini merupakan awal kerja sama Fakultas FKIP dengan sejumlah tenaga pendidik sekota Banjarmasin, Uniska meminta apa yang perlu menjadi tanggung jawab Universitas dan pihak sekolah bisa disepakati dengan baik sehinga proses PPL berjalan dengan baik pula.

‘’ kita meminta masukan dari para pendidik sekolah dan begitu pula sebaliknya Uniska ‘’ tambah Kasypul

Sementara Kepala sekolah SMP 11 Fahrul Razi usai lokarya dan kesepakatan PPL mengatakan sangat menyambut baik kerjasama tersebut , dimana membantu tenaga pengajar dalam menjalankan aktivitasnya sebagai seorang pengajar.

Dengan adanya PPL FKIP Uniska akan lebih terkoodinir terutama mereka yang menjalankan tugas akhir perkuliahan untuk praktiknya kelapangan atau magang disekolah terutama pendidik BK, setidaknya bisa membantu menurunkan bahkan menghilangkan tingkat stress dan depresi yang siswa alami, karena siswa dibantu untuk mencari sumber stress tersebut serta dibantu pula mencari cara penyelesaian terbaik dari permasalahan yang belum terselesaikan itu.

“Manfaat lain adanyacalon guru BK membantu siswa memahami dan menerima diri sendiri dan orang lain, ‘’ Kata Fahrul. (fin/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua