• Hari ini : Kamis, 22 Februari 2018

Usaha Wisata Wajib Miliki TDUP

Hj Yangsi Hartini

BUNTOK, KP – Berbagai macam usaha yang berhubungan dengan pariwisata, seperti usaha perhotelan, rumah makan, rumah kecantikan, lokasi wisata dan lain-lain, wajib untuk melaporkan kepada Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Kebudayaan (Disporaparbud) setempat guna mendapat Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP).

Hal tersebut seperti ditegaskan anggota DPRD Barsel, Ny Hj Yangsi Hartini kepada KP, Selasa (30/1).

“Semuanya itu telah diatur berdasarkan undang-undang (UU) nomor 10 tahun 2009 tentang pariwisata sehingga wajib mendapat TDUP dimaksud,’’ ujarnya.

Dikatakan, setelah badan usaha memiliki sertifikat dari Disporaparbud, tentunya wajib pula dinas terkait melakukan survey guna memberikan penilaian kelayakan, seperti level bintang atau non bintang.

Ditambahkan dia, dalam proses mendapatkan TDUP tersebut, Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Kebudayaan juga wajib bekerjasama dengan instansi terkait lainnya seperti dinas perizinan dan kantor pajak.

“Agar bisa memberi kontribusi positif dari sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dinas terkait wajib sosialisasi dan memberi kesadaran kepada seluruh pemilik usaha wisata dimaksud,’’ sarannya.

Pastinya lanjut dia, semua program yang telah disosialisasikan tidak akan mudah tercapai maksimal tanpa adanya kesadaran bersama, terutama pemilik bidang usaha.

Sementara menyinggung objek wisata Sanggu dan Danau Sadar dikecamatan Dusun Selatan yang belakangan kembali ramai dikunjungi warga, politisi dari PDIP tersebut optimis jika dikelola maksimal akan memberi kontribusi signifikan bagi PAD Barsel.(adi/K-8)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua