Utari Kecewa, Gagal Rebut Emas Kejurprov Taekwondo 2017

ditulis pada 27 Mei 2017

utari taekwondo

Banjarmasin, KP – Taekwondoin puteri kota Banjarmasin, Firzaba Utari, tidak bisa menyembunyikan kekecewaanya, karena gagal merebut medali emas  under 53kg puteri, Kejuaraan Provinsi (Kejurprov0 Taekwondo yang juga ajang Pra Porprov X Tabalong.

Dalam babak final di gedung taekwondo Jl Sultan Adam  Banjarmasin, Kamis (25/5), taekwondoin yang sapaan akrabnya Utari ini, mengaku kecewa  lantaran lawan yang mengalahkannya di babak final, Alya F dari  Kabupaten Banjar, dalam beberapa pertemuan sebelumnya selalu dikalahkannya.

‘’Ulun sudah biasa mengalahkannya, jadi takajut kenapa pada saat penentuan ini bisa dikalahkannya,’’ tutur cewek cantik yang menyukai olahraga bela diri taekwondo, karena gerakannya yang mengandalkan kegesitan dan kecepatan menggunakan kaki sebagai senjata.

Namun pada saat pengalungan medali, Utari dengan sikap sportif tetap tampil ceria ketika hanya menerima medali perak.

Dia sadar untuk segera melakukan evaluasi sehingga bias tampil lebih baik pada Pekan OOlahraga provinsi di Tabalong bulan Oktober 2017 yang akan datang..

“Saya harus lebih giat belatih, agar bias mengembalikan performa dan kemampuan tehnik yang saya miliki ,’’ papar Utari dengan nada mantap.

Dalam Kejurprov yang dilangsungkan di Gedung Taekwondo Jl Sultan Adam Banjarmasin, dari  Selasa (23/5) sampai Kamis (25/5), kontingen Kotabaru meraih  5 emas, 2 perak. Disusul Banjarbaru 4 emas,1 perak 2 perunggu.

Tuan rumah Banjarmasin meraih posisi  III dengan 3 emas, 5 perak dan  7 perunggu.

Kabupaten Banjar (2-3-2). Tanah Bumbu 2 emas.Tanah Laut (1-2-5). Batola 1-0-3). Hulu Sungai Tengah  (1-0-2)Hulu Sungai Selatan (0-4-4). Tapin (0-1-0). Tuiga kabupaten lainnya, yakni Balangan, HSU dan Tabalong tidak mendapatkan medali.

Ketua Taekwondo Indonesia (TI) Provinsi Kalimantan Selatan, Kolonel Inf (p) Slamet Riyanto,MSi didampingi sekretaris TI, Master Juphari,SE, menilai perkembangan olahraga taekwondo di Kalsel cukup menggembirakan, semua daerah sudah memiliki pengurus cabang yang terus aktif dalam melakukan pembinaan, sehingga olahraga bela diri yang mengandalkan tendangan tersebut sudah cukup memasyarakat di Kalimantan Selatan..

Dalam Kejurprov yang sekaligus ajang PraPorprov X Tabalong, kekuatan semua daerah sudah agak merata, bisa dilihat dari hasil perolehan medali, hampir semua daerah mampu merebut medali, kata Slamet Riyanto.

Mantan Dandim 1007 dan Kasrem 101/Antasari ini mengharapkan hasil dari ajang Kejurprov ini bias jadi bahan evaluasi sebagai pemanasan untuk menghadapi Porprov X Tabalong bulan Oktober 2017 yang akan datang, sehingga semua daerah, pengurus TI, para pelatih dan atletnya mengetahui tentang  peraturan baru taekwondo, baik daerah yang berhasil meraih medali maupun belum, papar Slamet..

Karena itu peserta yang belum  mendapatkan medali supaya tidak berkecil hati, karena masih ada ajang yang  mereka ikuti untuk mengukur perkembangan prestasi dan latihan yang telah dijalani slama ini, yakni di Porprov X Tabalong.

Para peraih medali juga diingatkan untuk tidak cepat berpuas diri dengan hasil yang mereka capai, karena upaya untuk mempertahankan gelar juara akan lebih berat, tukasnya.

Disinggung tentang kebijakan TI Kalsel dalam menghadapi Porprov X Tabalong, apakah hanya untuk daerah yang ikut Kejurprov yang boleh tampil di Porprov.

Secara tugas Slamet Riyanto dan Juphari menyatakan aturan organisasi TI tidak memberlakukan hal itu , karena itu dalam ajang Porprov semua daerah boleh mengikutinya, dan mengirimkan atlet sebanyak-banyaknya sesuai dengan kelompok berat badan yang mereka ikuti.

Namun sesuai dengan ketentuan KONI Kalsel, hanya atlet yang memiliki KTA (Kartu Tanda anggota) yang boleh tampil di Porprov.

Menurut Juphari pihak TI Kalsel sejak lama sudah melakukan pendataan dan telah menyiapkan nama-nama atlet taekwondo yang berhak tampil dii Porprov., sehingga semua atlet yang telah mengikuti Kejurprov, berarti sudah memiliki KTA dan memang berhak tampil pada ajang multi even pesta olahraga empat tahunan tingkat provinsi. Kalimantan Selatan tersebut. (k-9).

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.