• Hari ini : Selasa, 23 Januari 2018

Wabup Berharap Kerukunan Umat Beragama Terjalin Baik

SUASANA - Kerukunan keagamaan dan atar agama di kabupaten Tapin kini semakin kondusif dan aman hal ini terlihat dalam setiap kegiatan keagamaan selalu berlangsung aman dan tertib tanpa ada gejolak apapun. (KP/Ist)
SUASANA – Kerukunan keagamaan dan atar agama di kabupaten Tapin kini semakin kondusif dan aman hal ini terlihat dalam setiap kegiatan keagamaan selalu berlangsung aman dan tertib tanpa ada gejolak apapun. (KP/Ist)

Rantau, KP – Wakil bupati Tapin Ir H Sufian Noor MP dalam situasi dan kondisi saat ini kerukunan umat beragama tetap terjalin dengan baik, artinya perbedaan agama dan keyakinan tidak harus saling bermusuhan dan saling curiga mencurigai.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor MP saat membuka secara resmi pembinaan pluralisme umat beragama yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapin bertempat di Hotel Tapin, Kamis (1/9) kemaren pagi.

Dalam kesempatan itu ia juga berpesan agar semuanya saling menghargai dan menghormati adanya perbedaan, karena dengan adanya perbedaan maka akan ada saling toleransi.

“Dengan kondisi daerah kita saat  ini yang sudah aman dan kondusif, maka perlu kita jaga dan jangan sama sekali terpengaruh oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab dan bahkan sengaja untuk mneghancurkannya,” ungkap wakil bupati Tapin.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor MP juga menekankan pentingnya rasa saling hormat-menghormati dan saling menghargai antar umat beragama dalam menjaga ketenteraman kehidupan beragama di Kabupaten Tapin yang terus terjalin dengan baik.

“Indonesia dengan keberagaman agama tentu kedepan perlu kita tindak lanjuti agar agama yang ada yang diakui Undang-undang betul-betul menjunjung tinggi persatuan dan menjaga NKRI”. Tandasnya.

“Atas dilaksanakannya forum pertemuan ini kita sangat menyambut baik dan berterima kasih kepada Kementerian Agama,  dalam rangka kita membicarakan dan terciptanya kordinasi antar umat beragama”, tambah Wabup.

Dikatakannya pula oleh wabup Tapin bahwa Indonesia saat ini menjadi pusat study banding bagi negara-negara lain dalam membina kehidupan dan kerukunan beragama, namun dibalik itu ada pula  pihak-pihak yang tidak ingin negara kita kondusif.

“Melalui pertemuan ini kita berharap, tercipta suasana kondusif di kabupaten Tapin, hal ini berkat kerjasama yang baik dan saling menghormati sesama masyarakat”. Ungkapnya.

Menurut wabup Tapin kedepan ia juga berharap kerjasama ini dapat terus terjalin dengan baik, untuk selalu  berkomunikasi dalam mencegah konflik-konflik yang mungkin terjadi dan tidak harapkan bersama.
“Mari manfaatkan pertemuan hari ini untuk kita saling memberikan masukan dan himbauan dalam rangka kita menciptakan suasana kondusif kehidupan umat beragama sesuai dengan kepercayaan kita masing-masing.” Himbaunya.

Dan ia juga berharap mudahan dengan suasana yang kondusif, pembangunan di Kabupaten Tapin dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan harapan semuanya.

Sementara itu bertindak sebagai nara sumber dalam acara tersebut  langsung disampaikan oleh Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor MP, serta Puji Astuti dari Kesbangpol Provinsi, Drs HM Fadli Mansoer MM Pengurus FKUB Provinsi.

Selain itu pula turut hadir masing-masing para pemuka agama kabupaten Tapin yang tergabung dalam Forum Kordinasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tapin, Kepala Kemenag Tapin Dr HM Quswini MAg, dan Ketua FKUB Tapin HM. Yusran serta perwakilan instansi dan lembaga dilingkungan Pemkab Tapin. (ari/K-6)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua