• Hari ini : Selasa, 23 Januari 2018

Wabup Buka Kegiatan Peningkatan Solidaritas Ikatan Sosial

Wabup Sakariyas Sematkan tanda peserta
Wabup Sakariyas Sematkan tanda peserta

Kasongan, KP – Wakil Bupati Katingan, Sakariyas SE, membuka secara resmi kegiatan peningkatan rasa solidaritas dan ikatan sosial dikalangan masyarakat Katingan, Selasa (30/8) diaula losmen citra Katingan Kasongan.

Pada kesempatan itu, Sakariyas mengatakan, siring dengan perkembangan situasi daerah dan munculnya gangguan yang berasal dari sengketa bidang pertanahan, sehingga menimbulkan perselisihan di masyarakat maka dibutuhkan sinergitas penanganan konplik sosial di masyarakat.

Untuk itu. Dirinya berpesan agar pemerintahan di tingkat Kecamatan, Desa mengoptimalkan forum kecamatan dengan melibatkan tokoh masyarakat, pemuda, tokoh adat, guna mencegah terjadinya konflik sosial di tingkat masyarakat.

“Saya berharap permasalahan permasalah sosial ini hendaknya dapat dideteksi dini dan dicegah,’’ ucap Wabup.

Sementara Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik, Ahmad Munthu, dalam laporannya mengatakan, melalui momentum kegiatan ini diharapkan mampu mempererat tali silaturahmi persatuan dan kesatuan di bumi penyang hinje simpei ini.

Disampaikannya, Maksud dari kegiatan ini yakni memberikan pembekalan kepada para Camat, Lurah, Kades guna mengatasi berbagai permasalah hukum maupun konflik sosial dimasyarakat, sehingga memiliki kemampuan membina kader -kader pembangunan di daerah.

“Hasil yang diharapkan, penanganan konflik sosial dimasyarakat dapat diselesaikan dengan baik,’’ ujarnya.

Dijelaskannya pula, peserta kegiatan diikuti 13 Kecamatan, dan unsur kecamatan sebanyak 3 orang, kepala desa, damang serta mantir adat, serta pihak perusahaan perkebunan diantaranya PT. Arjuna, PT. KDP, Intaran Permai, dan PT.MJC.

“Sedangkan narasumber kegiatan ini, kepala Kesbangpol Provinsi Kalteng, Polres Katingan, Perwira Penghubung dan pihak BPN Kasongan,’’ jelas Munthu. (Isn/ K-8).

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua