• Hari ini : Sabtu, 21 Juli 2018

Wabup Kotabaru Hadiri MTQ Tingkat Provinsi

WABUP KOTABARU – Saat menghadiri pembukaan MTQ Tngkat Provinsi yang dilaksanakan di Kabupaten HST. (KP/Andi)
WABUP KOTABARU – Saat menghadiri pembukaan MTQ Tngkat Provinsi yang dilaksanakan di Kabupaten HST. (KP/Andi)

Kotabaru, KP – Didampingi Sekertaris Daerah Kotabaru, Drs H Suriansyah, Wakil Bupati Kotabaru Ir Burhanuddin beserta istri menghadiri acara pembukaan MTQ tingkat Provinsi, yang dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan- Selatan H. Sabirin, (16/12) lalu di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Barabai.

Peresmian MTQ ditandaidenganpemukulanbedukolehgubernur, didamping oleh wabup HST danketua LPTQ HarisMakkie, serta KepalaKanwilKemenagKalsel,NoorFahmidanulama KH Husinnafarin.
Dalam sambutannya, Gubernur H Sabirin menyampaikan dan mengharapkan agar Musabaqoh Tilawatil Qura’n yang diselenggarakan di Hulu Sungai Tengah, Barabai tersebut, dapat berjalan dengan lancar dan sukses dalam pelaksanaannya, serta dapat menciptakan bibit – bibt Qori dan Qoriah terbaik Kalimantan Selatan, yang dapat mewakili daerah pada tingkat Musabaqoh Nasional.

Di sela sambutannyagubernur yang akrabdisapapamanBirinini, membacakanpuitisasiAlquran,yangyang dipetikdari surah Alqahfi, dancukupmenarikperhatian para hadirindengansambutantepuktangan yang meriah.

PembukaanMTQ,  berlangsungmeriah, diawalidengan defile kafilahdari 13 kabupaten/kota se Kalimantan selatan, yang di lanjutkan dengan tarian kolosal “Panji-panji Tauhid”, serta pembacaan ayat suci Alquran oleh qori Internasional dari jawa barat, Ainum Mukmin Mubaraq, dan diakhiri dengan penaikan bendera MTQ.

Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran ke 29 tingkat Provinsi Kalsel di Kabupaten Hulu Sungi Tengah yang digelar mulai 15 Desember sampai 23 Desember 2016, diikuti 1.046 peserta dari seluruh kabupaten/kota se-Kalimantan-Selatan.

Dari jumlah tersebut, Kabupaten Kotabaru terbanyak mengirimkan qori/qoriahnya, yakni 100 orang. Sedangkan HST sebagai tuan rumah hanya mewakilkan 95 orang qori/qoriahnya.

Panitia pelaksana MTQ, melaksanakan acara dengan melibatkan peran serta masyarakat setempat, yakni dengan memanfaatkan rumah-rumah penduduk sebagai tempat menginap para Kafilah dari berbagai Kabupaten Kota se Kalimantan selatan. Penginapantersebar di berbagaititik, kotaBarabaidenganjarak paling jauhsatu kilo meter, yaitu di sekitar RSUD DamanhuriBarabai.

Sementaralokasi-lokasilombatilawahuntukberbagaikategori, juga tersebardi lima masjid dan lima sekolah, yakni,Masjid  Al-maksum, Bawan, JalanBrigjen H Hasan Basry, Masjid AgungRiyadussalihin, , Masjid  Al-Huda Sungai Tabuk, Masjid DalilulTalihin, Mualiminserta Masjid As SyulahaJalanHevea. Sedangkansekolah yang digunakan, yaitu MAN 1, MAN 2 dan MTs Barabai. (and/K-6)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua