• Hari ini : Selasa, 16 Oktober 2018

Wabup Tanbu Kembali Serahkan Bantuan Alsintan

Penyerahan Alsintan. (KP/Ist )
Penyerahan Alsintan. (KP/Ist )

Batulicin, KP – Untuk kesekian kalinya Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu  (Pemkab Tabu) kembali menyalurkan  bantuan  alat mesin pertanian (Alsintan). Penyaluran  alat alsintan oleh pemerintajh Kab. Tanbu ini diserakan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di beberapa Kecamatan.

Alat alsintan  yang disalurkan  Pemka Tanbu  berjumlah  34 unit  bersumber dari bantuan APBN tahun 2016. Alsinta yang disalurkan itu terdiri dari 23 unit   berjenis Combine Harvester kecil serta 11 unit berjenis Power Thresher.

Penyaluran Alsintan ini diserahkan lagsung  oleh wakil Bupati Tabu H. Sudian Noor usai melakukan upacara Gabungan di halaman kantor Bupati Senin (31/10).

“Harapanya dengan bantuan in , petani dapat meningkatkan produksi pertanian dari tahun sebelumnya, selain itu, terus tingkatkan semangat bertani sehingga kedepannya Kabupaten Tanah Bumbu bisa dijadikan lumbung padi terdepan di kalimantan Selatan” Ujar wakil Bupati disela-sela penyerahan Alsintan .

Dia juga meminta,  kepada kelompok tani penerima bantuan agar memelihara dan memanfaatkannya sebaik mungkin, agar tujuan pemerintah menyerahkan bantuan ini mencapai sasaran yang diinginkan.

“Dengan bantuan ini jangan ada lagi lahan tidur, sebab tujuan pemberian bantuan ini untuk menunjang kesejahteraan masyarakat di bidang pertanian,” Tandasnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Dan Peternakan Tanbu Abdul Karim mengatakan, pemberian alsintan kepada Gapoktan  di berbagai kecamatan bukan kali ini saja, setiap tahunnya  pemerintah Daerah terus menyalurkan kepada Gapoktan yang terdata sesuai dengan tingkat kebutuhannya.

“Alsintan yang disalurkan didasari oleh usulan Gapoktan, bukan secara perorangan, karenanya mereka juga  harus memiliki surat kepemilikan lahan yang jelas, kemudian para Gapoktan  juga  harus melihat kondisi wilayah pertaniannya. Dengan kondisi itu bisa di sesuaikan dengan Alsintan yang di perlukan agar tepat guna di lapangan,” sebut Abdul Karim. (han)

Tag:
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua